Kamis, 20 Februari 2020

Cara Gampang Reset Printer Hp Laserjet Pro 400 M401n

Pada peluang kali ini aku akan membagikan sebuah bimbingan yang sanagt penting buat kamu yang bekerja sebagai IT Support di kantor, dimana setiap ada permasalahan internet dan komputer bahkan printer kamu harus bisa menyelesaikanya dengan segera, pada kesempatan kali ini aku akan membagikan Cara Mudah Reset printer HP Laserjet Pro 400 M401n. BACA JUGA : Cara Restart Printer Spooler Cara memperbaiki Printer Cannon IP2770 Error 5B00 Mengatasi windows 10 tidak mampu share Folder/Printer Sebelum aku membicarakan ihwal bimbingan ini maka saya akan menerangkan sedikit tentang apa itu printer, Printer adalah sebuah perangkat eksternal komputer yang sangat banyak sekali dipakai baik di kantor atau sekolah bahkan di daerah-daerah lainya untuk memperlihatkan data komputer dalam bentuk cetakan, Atau printer bisa juga diartikan sebagai perangkat elektromekanik yang dapat mengganti data digital ( bisa text atau gambar ) menjadi bentuk fisik, dan data yang di cetak bisa berupa text atau gambar yang dicetak kedalam media kertas, kain dan lain sebagainya. Perlu sobat-sahabat pahami juga bahwa sebelum kita mereset sebuah printer saya sungguh menyarankan untuk mengikuti beberapa langkah yang akan saya sampaikan ini apalagi dulu, alasannya adalah mereset artinya mengembalikan semua pengaturan ke permulaan mirip dikala printer tersebut kita beli, apa saja langkah-langkahnya?, perhatikan di bawah ini : Periksa Kabel USB Printer Ada kalanya ketika printer tidak bisa digunakan itu terjadi karena kabel USB tidak terhubung ke komputer dengan benar, pastikan port USB komputermu berfungsi dan terhubung kepada port yang seharusnya dan kabel yang digunakan juga berfungsi dengan baik. Periksa Kabel LAN Printer Jika kamu menggunakan printer jaringan yang di koneksikan dengan kabel LAN, maka periksa terlebih dahulu kabel lan tersebut, saya pernah menemukan beberapa kasus diantaranya sebab kabel lan tidak berfungsi, bisa di gigit oleh tikus atau tidak terhubung dengan baik ke switch internet atau bahkan konektor Rj45 pada kabel lan tersebut telah rusak, maka silahkan periksa apalagi dulu dan tentukan bahwa kabel lan berfungsi dengan baik, jikalau kabel lan berfungsi dengan baik namun tidak terhubung juga ke komputer, maka cobalah dengan mencabut colok kabel lan tersebut. Periksa Koneksi WIFI Printer KAlau printermu menggunakan koneksi Nirkabel seperti WIFI, maka periksalah koneksi printer dengan wifi tersebut, tentukan printer terkoneksi dengan wifi atau mampu juga dengan cara merestart (cabut colok kabel power) wifi yang kau gunakan, umumnya terkadang wifi suka mengalami error dikala sudah lama di hidupkan. Restart Printer Silahkan coba di restart printermu dengan cara menekan tombol power off (3 detik) sampai printer berbunyi dan lampu indikator power mati, sehabis itu silahkan hidupkan kembali printermu dan cobalah melakukan print. Cabut Colok Kabel Listrik Printer Jika tahapan di atas belum mampu juga, telah kamu pastikan bahwa koneksi USB/ Jaringan ke printermu terkoneksi dengan baik, maka silahkan coba cabut kabel power, tunggu selama 10 detik kemudian colok kembali ke printermu, jikalau printermu sudah mampu dipakai, maka sampai disini kau tidak perlu melaksanakan reset printer. Perlu teman-teman ketahui bahwa tahapan-tahapan yang aku tulis di atas, tidak perlu dikerjakan seluruhnya dikala printermu sudah bisa dipakai meskipun dengan satu tahapan saja. Jika kau telah mentok, semua telah kau lakukan, printer terkoneksi dengan baik tapi tetap saja tidak bisa melaksanakan print data, maka kau sepertinya perlu mereset printer tersebut, sebelum kau melakukan reset aku sarankan untuk membackup semua settinganya apalagi dulu seperti password (bila ada) atau Ip Address (jika ada) dan lain sebagainya. Untuk tahapan cara mereset printernya, silahkan amati gambar di bawah ini : Cara Reset Printer HP Laserjet Pro 400 m401n 1 . Silahkan kamu matikan printermu dengan cara menekan kurang lebih 3 detik tombol power. 2 . Pastikan bahwa printer telah off/mati. 3 . Silahkan kamu tekan serempak tombol X, tombol panah arah kanan dan tombol power (hidupkan), amati gambar di bawah ini : Tombol X dan tombol arah kanan Tombol Power 4 . Setelah terlihat indikator printer sedang merestart maka silahkan lepaskan tangan yang sedang menekan tombol power (Tombol X dan tombol panah arah kanan masih tetap di tekan), tunggu 5 detik dan lepaskan semua. 5 . Sampai disini sudah tamat, harusnya kau telah sukses mereset semua pengaturan printermu dan silahkan konfigurasi ulang sesuai dengan kebutuhan. Disclaimer Saya mempraktekan cara tersebut pada Printer HP Laserjet Pro 400 m401n dan berjalan dengan baik, mungkin ada beberapa seri printer yang nyaris seperti tetapi aku tidak bertanggung jawab bila terjadi kesalahan atau kerusakan alasannya saya hanya menyebarkan dengan apa yang pernah aku kerjakan. Kesimpulan Saya harap mereset pengaturan ialah langkah terakhir yang kau lakukan dan cobalah dengan tahapan-tahapan yang aku tulis di permulaan, agar saja dengan beberapa bimbingan di atas printermu telah bisa dipakai kembali. Penutup Mungkin cukup sekian pembahasan aku ihwal Cara Mudah Reset printer HP Laserjet Pro 400 M401n. agar apa yang aku tulis bisa berguna.
Sumber https://anibarstudio.blogspot.com


EmoticonEmoticon