Senin, 17 Februari 2020

Mikrohidro: Listrik Dihasilkan Oleh Energi Air.

http://staging.fajar.co.id

BelajarSipil.com – Pernahkah kamu menyaksikan listrik yang dihasilkan oleh tenaga air? Kalo iya, seperti apakah bentuknya? Apakah airnya dialirkan untuk memutar turbin dan dari turbin itu dihasilkan listrik? Ya, seperti itulah kira-kria sedikit gambaran energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga air. Air yang digunakan lazimnya ialah air yang mengalir pada sungai atau air yang mengalir deras pada terjunan. Pada lazimnya dapat atau tidak digunakannya tenaga air untuk menghasilkan listrik dipengaruhi oleh besar kecilnya debit air yang dihasilkan oleh pemikiran sungai/air.


Secara biasa tenaga air ini dinamakan dengan energi air. Energi air yaitu energi yang pada dasarnya memanfaatkan energi berpeluang gravitasi. Energi mekanik pemikiran air yang ialah transformasi dari energi memiliki potensi gravitasi dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Umumnya turbin dipakai untuk membangkitkan energi listrik sedangkan kincir untuk pemanfaatan energi mekanik secara eksklusif dan dari energi mekanik tersebut dikonversi menjadi energi listrik. Untuk mendapatkan energi mekanik aliran air ini, perlu beda tinggi air yang diciptakan dengan menggunakan bendungan. Akan tetapi dalam menggerakkan kincir, anutan air pada sungai mampu dimanfaatkan saat kecepatan alirannya memadai (anonim,2004).


http://darwin1797.files.wordpress.com/

Pemanfaatan energi air dalam kecil-kecilan dapat berbentukpenerapan kincir air dan turbin. Dikenal ada tiga jenis kincir air menurut metode ajaran airnya, adalah : overshot, breast-shot, dan under-shot. Pada kincir overshot, air melalui atas kincir dan kincir berada di bawah ajaran air. Air memutar kincir dan air jatuh ke permukaan lebih rendah. Kincir bergerak searah jarum jam. Pada kincir breast-shot, kincir ditaruh sejajar dengan pedoman air sehingga air mengalir melalui tengah-tengah kincir. Air memutar kincir bertentangan dengan arah jarum jam. Pada kincir under-shot, posisi kincir air ditaruh agak ke atas dan sedikit menjamah air. Aliran air yang menyentuh kincir menggerakkan kincir sehingga berlawanan arah dengan jarum jam. Pemanfaaan enegi listrik skala kecil dengan memakai turbin misalnya yaitu mikrohidro.


Apa itu Mikrohidro? Kita bahas di postingan selanjutnya. Nantikan ya, 😀



Sumber we.com


EmoticonEmoticon