Sabtu, 09 Mei 2020

Matematika Universitas Negeri Surabaya (Aghil)

Halo teman intipers! Aku Muhammad Aghil Putra Anam dari Matematika Universitas Negeri Surabaya angkatan 2019. Kali ini saya ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi sobat-teman yang akan bertanya atau diskusi, mampu komen di bawah postingan ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu postingan ini sebelum mengajukan pertanyaan.


Secara biasa , jurusan Matematika Universitas Negeri Surabaya seperti apa?


Mitos atau pada umumnya orang tahu itu matematika itu kebanyakan wacana angka, hitung-hitung. Padahal ada banyak banget jenis mata kuliahnya, ada ihwal pemograman, stuktur data dan algoritma, bagaimana kita membuat aplikasi. Jadi jurusan matematika itu kaya sistem informatika atau teknik informatika gitu, ada kaitannya. Tapi kalo matematika murni lebih ke hitungan, kalo teknik ke pemrogramannya, kita lebih ke tentang cara konsepnya dahulu dan pengaplikasiannya. 


Bagi kalian yang ingin mendapatkan berita jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 


Apa yang jadi alasan masuk jurusan Matematika Universitas Negeri Surabaya?


Aku sebenrnya pengen masuk teknik sipil namun di SNMPTN dan SBMPTN aku ga keterima, jadi aku masuk di Universitas Surabaya lewat SPMB atau berdikari, jurusan ini ada sangkut pautnya sama aku saat SMA sebab pelajaran matematika yang paling saya ketahui, saya juga banyak aktivitas pas Sekolah Menengan Atas, suka mengetahui suatu rancangan, dan di matematika itu mengerti sebuah desain.


Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?


Semester 1 masih lazim, masih ada matematika dasar, biologi, fisika dll. Setelah semester 4 dan 5 lebih mengarah ke aljabar linear, kalkulus diferensial, kalkulus integral, kaya ada yang pernah di bahas pas Sekolah Menengan Atas namun kita mengulik lebih dalam lagi dan memecahkannya, cara pengaplikasian di pemrograman itu seperti apa. Mata kuliah yang paling menawan bahasa pemrograman, kemarin saya menciptakan acara peminjaman ruang kelas, dengan teknik matematika, jadi kalo mau mesen beberapa hari yang hendak tiba kita udah bisa pesen, lazimnya kita pake bahasa Python dan bahasa C.


Adakah fokus atau golongan keterampilan di jurusan ini?


Ada beberapa, yang pertama ada analisi, jadi mengarah ke teorema aljabar linear, persamaan diferensial, yang kedua ada komputasi lebih mengarah ke pemrograman dan statistika. Yang ketiga ada terapan, jadi lebih ke penerapan matematika itu, ada pembuatan aplikasi, game. Dulu ada alumni yang skripsinya menciptakan games, kalo telah ke semster 5 atau 6 bisa memecah fokus terlebih kalo kalian ke pemrograman karena kita dituntut untuk membuat suatu apliaksi yang sebelumnya belum didapatkan. Konsentrasi mampu diambil semster 5. Kebetulan kemarin itu kita akan menerapkan kampus merdeka, jadi kita itu mampu lintas jurusan, jadi jurusan matematka itu koordinasi dengan jurusan-jurusan lain, seperti kerja sama dengan jurusan ekonomi, akan ada kerja sama juga dengan fakultas ilmu teknologi dengan Universitas Atlantis Surabaya.


Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?


Ada 3, SNMPTN melalui nilai dan prestasi, SBMPTN atau sekarang namanya UTBK, Jalur masuk mampu berdiri diatas kaki sendiri atau SPMB. Untuk info lebih lengkap unesa.ac.id, kalian akan menerima berita kalo kalian berminat masuk di Universitas Negeri Surabaya, dan univ ini lebih populer manis juga di pendidikannya.


Ada kiat buat mahasiswa gres Matematika Universitas Negeri Surabaya?


Jangan patah semangat, tetap mencar ilmu, sebab sekeras apapun kalian berusaha, kalian akan mendapatkan hasil terbaik nantinya. Kalo kalian belum keterima di jurusan yang kalian kehendaki, kalian mungkin akan mendapatkan jurusan yang terbaik nantinya, silahkan di rencanakan dan nanti mampu sesuai dengan yang diperlukan. Untuk mahasiswa yang baru masuk di jurusan matematika, jangan sungka untuk mengajukan pertanyaan dengan sobat-temannya, sebab kita butuh banget diskusi dengan temen-temen. Kalan dituntut memahmi rancangan, kalian harus membaca dan mengetahui bahan.


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Bagaimana harapan kerja dari alumni jurusan ini?


Bisa melakukan pekerjaan di bank indonesia, kalian mampu jadi aktuaris, analisis, ali statstik, guru atau dosen, jago keuangan, penerbit asuransi, analisis anggran, pemeriksa dan penyidik asuransi, serta taller.


Apa planning dan impian kamu sehabis lulus?


Ingin melanjutkan pekerjaan yang tepat dengan jurusan matematika, namun kini saya juga mencoba pengalaman kerja dan aktif organisasi. Jangan terikat dengan zona nyaman alasannya kalian mesti banyak mengamati. Kalian lulus dari jurusan apapun antisipasi kalian akan matang dan lebih mantep lagi


Q&A



  • Pernah sakit kepala ga ka ngerjain tugas di matematika?


Sangat membutuhkan banget pertolongand ari temen-temen untuk g-meet atu zoom untuk tanya-tanya terkait materi yang belum paham, atau bisa kita juga kerja bareng peran dari dosen bersamatemen-temen, atau kita tanya ke abang tingkat. Nanti kita akan ada koas, yang bakalan didapetin satu ahad sekali, jadi kalo kalian masih belum paham sama mata kuliah kalian bisa tanyain ke koas itu.



  • Gimana cara belajar dengan baik?


Learning by doing, pengalaman yaitu guru terbaik. Meskipun saya kuliah di matematika, tetapi jangan menatap matematika itu apa, tetapi apa yang bisa kalian ambil dari jurusan matematika itu. Kalian mampu mengendalikan waktu, belajar akademik, belajar untuk diluar jam pelajaran, dan kalian mencar ilmu di tempat dimana kalian mampu meningkat .


Kode konten: C340



Sumber we.com


EmoticonEmoticon