Kamis, 07 Mei 2020

S2 Administrasi Ibn Haldun University (Ramdani)

Halo teman intipers! Aku Ramdani Murdiana S2 Manajemen Ibn Haldun University Turki angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-sobat yang mau bertanya atau diskusi, mampu komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dahulu postingan ini sebelum bertanya.


Secara biasa , Jurusan Manajemen Ibn Haldun University itu mirip apa?


Di Ibnu Haldun sendiri anggun banget jurusan manajemennya, dalam satu kelas itu kita ada sekitar 6-7 negara yang tergabung. Waktu di angkatan saya ada sekitar 15 orang, dua orang warga Turki asli, 13 lainnya beda-beda negara. Berbagai negara yang ada di jurusan administrasi Ibnu Haldun, ada dari Afrika, Ghana, Maroko, Indonesia, sisanya negara-negara Balkan.


Bagi kalian yang ingin mendapatkan berita jurusan dan masuk akademi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Jadi di jurusan Manajemen di Ibnu Haldun Turki ini kita campur negara, campur budaya, beda-beda pengalaman dan beda kasus yang ada di setiap negara, dan cara mengatasinya beda-beda dalam ilmu administrasi utamanya dalam bidang bisnis dan dalam ilmu pengelolaan perusahaan, jadi diskusinya lebih luas. 


Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Manajemen Ibn Haldun University?


Karena didalam ilmu manajemen itu terdapat mata kuliah bisnis, karena sejalan dengan jurusan ketika saya S1 sehingga jurusan administrasi ini aku pilih untuk melanjutkan pendidikan S2. 


Apa mata kuliah dan peran yang khas dari jurusan ini?


Setiap mata kuliah disini itu menghasilkan satu penelitian. Tugas tersebut itu akan ditagih di final biasanya di minggu ke-14, dan itu wajib banget untuk nambah nilai kita. Sehingga kami lulusan Ibnu haldun University itu pada umumnya telah punya jurnal internasional yang diakui. Jurnal internasional itu juga mempermudah kita bila kita mau melanjutkan di Ph.D atau S3. 


Praktikum di Manajemen Ibn Haldun University


Iya ada, waktu itu semester dua aku dapet. Praktikumnya pribadi menciptakan bisnis dan di biayain sama dosennya, bagi bisnis yang mampu di realisasikan pada saat itu juga. Waktu itu aku dapet 2-3 juta dan itu saya kembangkan satu bentuk bumerang di Indonesia, aku bisa sedemikian rupa.


Bisnis waktu itu namanya Buner, dan itu mampu dijual dan bisa dimainkan di Turki dan mereka pada applause terhadap media Indonesia yang kita desian kemarin itu Alhamdulillaah dapat ongkos, dapet link, dapet potensi jadi anggota bisnis muda di Turki. Itulah alasan saya lebih suka dan lebih menentukan untuk melanjutkan kegiatan saya disini sebelum saya pulang ke Indonesia. 


Diskusi di Kantin

Diskusi Bersama Teman-Teman di Kantin


Adakah konsentrasi atau kalangan keterampilan di jurusan ini?


Biasanya kita diarahkan untuk menjadi pembisnis atau pebisnis langsung, pekerja ataupun dosen. Sudah kita tanamkan, ibaratnya mereka telah menandai berapa persen yang akan menjadi pebisnis langsung, berapa persen yang akan lanjut S3, dan berapa persen yang mau jadi pekerja kantoran. 


Semua itu telah dijadwalkan sama mereka (pihak Universitas), misalnya semester satu kita udah diarahkan ke plot-plot yang diinginkan oleh mahasiswa. Kaprikornus semua fasilitas dan kesempatan-peluang telah disiapkan oleh Universitas. Bahkan sudah disiapkan pelatihan-training, dan kesempatan-peluang pun telah disiapkan oleh Universitas. Bahkan ada training saham juga, yang penting kita itu jeli menyaksikan potensi dan mengurus apa yang telah diberikan oleh dosen kita baik itu penelitian, maupun kesempatan-kesempatan. 


Ada tips buat mahasiswa baru i?


Khusus di Manajemen ini, beliau sungguh akrab kaitannya dengan bisnis. Bisnisnya dalam bentuk teori atau perjuangan, pokonya segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, beliau akan menjadi nilai tambah untuk di jurusan ini utamanya. Apalagi jika misalkan kita tidak cuma menjabarkan teori saja, tetapi mampu menjabarkan produknya mirip yang telah aku kerjakan pada smester dua.


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Dosen-dosen akan memperlihatkan penghargaan khusus atau evaluasi khusus terhadap hasil karya kita. Mereka juga akan senantiasa mendukung dan memfasilitasi apa-apa saja yang dapat membuatkan kreativitas mahasiswa. Makara coba siapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis, baik di Indonesia maupun diluar Indonesia nanti, dan bisa ditunjukkan dihadapan para dosen-dosen penguji saat temen-temen mau masuk Ibnu Haldun University, karena di Ibnu Haldun University ini banyak banget beasiswanya. 


Bagaimana harapan kerja dari alumni jurusan ini?


Home based nya atau prospek kerja nya sudah pasti di Turki terutama di Kota Istanbul. Banyak alumni-alumni angkatan aku yang sudah buka perusahaan juga sama mirip aku di Turki, dan mereka juga ada yang kembali ke negaranya, di negara nya tersebut mereka melaksanakan bisnis. Tetapi tetap bekerjasama baik dengan negra Turki, mirip pengiriman ekspor impor, maupun penjualan langsung dari Indonesia ke Turki. Insyaa Allah luas banget untuk harapan kerjanya, dan link yang dikasih sama Universitas buat lulusannya juga sangat mencukupi. Apalagi di Ibnu Haldun Universitas ini ada pelatihan bagi lulusan S2 maupun S3 yang ingin menjadi usahawan atau menjadi pekerja kantoran, jadi ada seperti career development gitu. 


Rencana dan harapan sehabis lulus


Insyaa Allah sekitar satu atau dua tahun kedepan saya akan pulang ke Indonesia untuk mengembangkan bisnis disana, dan membantu membangun Indonesia untuk menjadi lebih baik dan lebih maju. 


Kode konten: C333



Sumber we.com


EmoticonEmoticon