Sabtu, 09 Mei 2020

Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro (Daffa)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Daffa Pradipta Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi sobat-teman yang akan mengajukan pertanyaan atau diskusi, mampu komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dahulu postingan ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton model videonya lewat link berikut. Klik Disini


Secara umum, Jurusan Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro itu mirip apa?


Teknik perkapalan di Undip ini konsentrasi bidang studinya lebih ke bab konstruksi kapalnya. Bagian-bab lain mirip kelistrikan kapal, permesinan, kita gak mempelajari secara detail. Istilah dari jurusan teknik perkapalan ini adalah arsitek kapal.


Bagi kalian yang ingin menerima isu jurusan dan masuk perguruan tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro?


Dulu waktu SMA waktu milih jurusan buat SNMPTN gundah mau apa dengan rata-rata nilai cuman sedikit, terus riset-riset cari jurusan apa yang harapannya besar dan industrinya belum berkembang yang nantinya akan pesat setelah lulus, kemudian ketemulah jurusan teknik perkapalan. Teknik perkapalan ini tidak semua universitas ada, dan saya coba pelajari dan aku terpesona, lalu saya ambil aja. 


Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?


Kalau yang khas itu tugas rancang, nanti kita itu selama di Undip selama S1 sampe lulus itu mampu buat satu rancangan kapal. Rancangan kapal ini mulai dari konstruksinya, terus perhitungan-perkiraan yang yang lain.  


Praktikum di Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro


Praktikumnya ada, jika praktikumnya sendiri itu ngelas, untuk ngelasnya sendiri dipake nya alat las yang dipakai pada kapal. 


Salah satu praktikum di prodi ini

Salah satu praktikum di prodi ini


Adakah fokus atau kelompok kemampuan di jurusan ini?


Kalau kelompok kemampuan gak ada, cuman nanti di semester lima atau enam seterusnya itu ada mata kuliah pilihan. Makara bukan fokus kaya peminatan, cuman kaya mata kuliah opsi yang mau diambil, misal kaya kapal cepat, kapal kecil, design interior, listrik kapal, dan lain-lain.





Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Ada kiat buat mahasiswa baru Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro?


Kalau buat tips ya gak ada sih, jalani nikmati nanti bakal hingga pada akhirnya. Jangan terlalu dibikin tertekan gitu.


Bagaimana harapan kerja dari alumni jurusan ini?


Kalau buat harapan kerjanya sih mampu jadi menggeluti pribadi ke industri reparasi kapal di galanagn mampu, terus juga kita bisa masuk ke badan regulasi yang mengatur pembangunan kapal. Kemudian mampu masuk ke industri bangunan lepas pantai, terus mampu masuk BUMN. Terus juga bisa masuk ke bidang-bidang lain, jika kita misal ambil sertifikasi keterampilan. 


Kode konten: C305



Sumber we.com


EmoticonEmoticon