Sabtu, 06 Juni 2020

Administrasi Pemasaran Universitas Sumatera Utara (Tary)

Halo teman intipers! Aku Octary Sabrina Br Ginting dari Manajemen Pemasaran Universitas Sumatera Utara angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi sobat-teman yang akan mengajukan pertanyaan atau diskusi, mampu komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu postingan ini sebelum mengajukan pertanyaan.


Secara umum, jurusan Manajemen Pemasaran Universitas Sumatera Utara seperti apa?


Manjemen kita terbagi menajdi 3 fokus, yang pertama ada manajemen pemasaran, administrasi keuangan, dan manajemen sumber daya insan. Materi kuliahnya seperti ekonomi, akuntansi, perekonomian indonesia, penjualan lebih ke prakteknya lebih ke cara kita berwirausaha. 


Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 


Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Pemasaran Universitas Sumatera Utara?


Kebetulan aku kuliah yang kini ngambil jalur ekstensi saya udah selesai D3, aku pengen lanjut S1. Kebetulan di Medan S1 pariwisata yang negeri itu belum ada, jadi aku cari berita kampus mana dari D3 pariwisata tetapi negeri, ada yang menganjurkan ada di USU, aku coba berkaitan dengan D3 dahulu.


Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?


Tugas di ekonomi lebih ke hitungan khususnya pemasaran, teori ekonomi. Kita mesti tahu berita terkait ekonomi di Indonesia. Jadi kalo dikatakan rata-rat aorang ekonomi pinter jualan, pinter itung-itungan, itu udah niscaya. Tugas yang paling menarik berdasarkan aku pribadi, seperti kaya presentasi di depan kelas, sebab pandemi jadi daring, lebih sering pake zoom, peran paling sering presentasi, golongan.


Adakah konsentrasi atau kalangan kemampuan di jurusan ini?


Kalo dari pemeasaran ga ada, kalo dari ekonominya yang tiga tadi. 


Apa jalur masuk yang ada di jurusan kau?


Kalo dari jalur masuk, aku ngambil ekstensi, berarti lanjutan D3 ke S1, jalurnya itu setelah SBM dan Mandiri, sehabis dua jalur itu masuk, gres jalur ekstensi di umumin kapan bukanya, umumnya kalo websitenya ga ada, mereka ngumumin dari instagramnya sendiri, ada usuofficial, usu, ada fokus masing-masing jurusan kaya manajemen, jadi informasinya lebih banyak dari situ.


Ada tips buat mahasiswa gres Manajemen Pemasaran Universitas Sumatera Utara?


Lebih kaya mikirin dari permulaan, di ekonomi ada beberapa fokus juga, agar kita lebih terfokusnya sesuai dengan pasionnya kita, maunya kemana, bisanya di bagian mana, kalo kita bisa jualan berarti masuknya ke pemasaran, kalo ngurus Sumber Daya Manusia atau HRD gitu ngambil SDM. Kalo suka hitung duit masuk ke keuangan. Kalo semester 3 kita baru nentuin mau konsentrasi yang mana. Di ekonomi itu banyak banget yang bisa kita pilih ranahnya mau kemana.


Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?


Alumni yang saya tahu, orang ekonomi umum pekerjaannya, mampu kemana aja, kalo kaya konsetrasi nya SDM bisa ke HRD, kalo kaya aku ngambil penjualan, mampu kerja di bidang perusahaan bidang sales marketingnya, bisa ke hotel, pokoknya yang berhubungan dengan itu. Kalo keuangan bisa di bagian finance, mirip accounting, jadi kerjaannya rata-rata ga di bank, di kantor atau buka usaha sendiri.


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Apa rencana dan harapan kau sesudah lulus?


Harapan saya alasannya adalah jalur nya agak beda sama D3 dulu, harapannya pengen cepat final, tetapi ga asal pilih, nilai manis. Rencana sehabis lulus nyari kerja yang lebih baik, sesuai dengan jurusan atau titel kita, bisa coba PNS, BUMN, kalo bisa bisa buka perjuangan juga.


Kode konten: C413



Sumber we.com


EmoticonEmoticon