Selasa, 09 Juni 2020

Biologi Uin Maulana Malik Ibrahim (Nida)

Hallo, readers! Kenalin nama saya Nida Annisa Sholeha, mahasiswi angkatan 2019 jurusan Biologi UIN Maulana Malik Ibrahim yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman selama berkuliah di kota hujan. Silahkan ambil posisi rebahan ternyaman ditemani kudapan favorite kalian masing-masing dan selamat membaca ya sobat-teman!


APA YANG DIPELAJARI DI BIOLOGI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG?


Biologi ialah salah satu cabang ilmu sains yang mempelajari keseluruhan makhluk hidup. Kenapa kok hingga keseluruhan? Di perkuliahan akan diajarkan perihal makhluk hidup mulai dari tingkat terendah ialah sel. Bahkan, di semester permulaan nanti mahasiswa baru akan diajarkan apa sih keterkaitannya ilmu kimia yang di Sekolah Menengan Atas dulu belajar wacana atom mampu berhubungan akrab dengan Biologi dan juga kehidupan.


Kalian akan belajar mulai dari mikroorganisme sampai ke makhluk hidup yang susunan selnya rumit. Selain itu, untuk kalian pecinta alam jurusan ini cocok untuk kalian sebab nanti akan diajarkan juga ihwal konservasi lingkungan. Jurusan ini juga mempelajari ihwal kesehatan binatang dan insan. Biologi bisa dikatakan dasar dari ilmu kedokteran. Semua dasar wacana makhluk hidup hingga dengan evolusi dan juga lingkungan akan dikupas secara mendalam di jurusan ini. Tidak jarang alumni jurusan ini mampu berbagi inovasi obat kesehatan ataupun varietas unggul dari jenis flora tertentu.


Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Fakta jurusan Biologi


Biologi cocok untuk kalian yang kurang suka kepada hitung-mengkalkulasikan. Jurusan memang sedikit sekali menggunakan perkiraan. Hanya beberapa matakuliah seperti Biostatistika yang membutuhkan operasi matematika. Banyak yang bilang di jurusan Biologi banyak mengandalkan hafalan. Sebenarnya ini kurang sempurna sebabnya jurusan ini tidak sepenuhnya mengharuskan hafal materi. Diperlukan pengertian dan akal berpikir untuk melanjutkan matakuliah di semester selanjutnya karena setiap matakuliah berhubungan. Hanya sekitar 30% saja bahan yang diperlukan menghafal.


Mitos lain perihal jurusan ini dikala lulus dari jurusan Biologi Murni akan sepi dari lapangan pekerjaan sebab hanya bisa menjadi guru/dosen. It’s a big no, Biologi memiliki banyak lapangan pekerjaan serta banyak peluang untuk menciptakan lapangan kerja. Tidak cuma menjadi dosen, kalian bisa menjadi seorang ilmuwan di instansi pemerintah/swasta. Menjadi seorang quality control di perusahaan swasta, konsultan, melakukan pekerjaan di industri veteriner, menjadi PNS di dinas pemerintahan. Juga, penulis buku acuan, teknisi laboratorium, andal tanaman/hewan/mikroorganisme dan pastinya mampu menjadi usahawan kuliner olahan dari bekal ilmu bioteknologi yang didapat dari kampus.


PERBEDAAN BIOLOGI MURNI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI


Meskipun mempelajari bidang yang serupa namun terdapat beberapa perbedaan yang mendasar dari kedua jurusan ini, di Biologi murni lebih konsentrasi mempelajari materi secara rincian dan mendalam, lebih menekankan pada penerapan desain keilmuan untuk industri dan pengetahuan baru, jatah praktikum lebih banyak, dan dikala lulus mendapatkan gelar S.Si (Sarjana Sains).


Kuliah jurusan pendidikan biologi lebih memfokuskan untuk menghasilkan tenaga pendidik bermutu di bidang biologi, meskipun pada realita di lapangan banyak mahasiswa yang tidak berkarir sesuai dengan jurusan kuliahnya tetapi di pendidikan biologi diajarakan cara-cara menjadi tenaga pendidik di bidang biologi, ilmu yang diberikan berhubungan dengan keguruan dan pengajaran, tetapi tetap ada praktikum ya. Jurusan pendidikan biologi juga mempelajari psikologi pendidikan. Lulusan pendidikan biologi akan mempunyai gelar S.Pd (Sarjana pendidikan).


KELEBIHAN BIOLOGI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG


Prodi Biologi di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sudah terakreditasi A dan lulus AUN-QA. Universitas ini juga mempunyai tujuan sebagai world class university, sehingga setiap mahasiswanya dipersiapkan mempelajari tiga bahasa sebagai matakuliah di tahun pertama dan kedua ialah Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.


Sesuai dengan nama universitasnya, dikala lulus nanti alumni diperlukan akan menjadi seorang akademisi yang ulul albab. Setiap mahasiswa Biologi di sini akan diberikan bahan integrasi sains dengan Islam. Uniknya lagi seluruh mahasiswa diwajibkan untuk tinggal di asrama selama 1 tahun awal.


MATAKULIAH BIOLOGI UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG


Jika menjadi mahasiswa Biologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kalian akan mempelari mata kuliah berikut.  Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Pancasila, Kewarganegaraan, Sejarah Peradaban Islam, Biofisika, Kimia Organik, Biologi Umum, Filosofi Ilmu, Ilmu Al-Qur’an dan Hadits, Teosofi, Dasar-Dasar Laboratorium, Pengantar Biodiversitas, Biokimia, Biologi Sel, Bahasa Inggris, Studi Fiqh, Struktur dan Perkembangan Tumbuhan, Struktur Perkembangan Hewan, Biodiversitas Tanaman, Biodiversitas Hewan, Ekologi, Mikrobiologi, Metodologi Penelitian, Genetika, Taksonomi, Biodiversitas Lingkungan, Biodiversitas Fungi dan Protista, Fisiologi Tanaman, Fisiologi Hewan, Biologi Molekuler, Basic Environmental Science, Evolusi, Metode Integrasi, Fisiologi dan Anatomi Manusia, Bioetika, Biosistematika, dan Bioinformatika. Pemilihan minat nanti dijalankan ketika semester 6, tersedia beberapa pilihan ialah Bioteknologi, Botani, Zoologi, dan Ekologi.


Matkul favorit


Kalau aku paling suka matkul Biokimia dan Mikrobiologi alasannya adalah dosen saya sering menghubungkan pembelajarannya dengan kehidupan sehari-hari. Makara, kuliahnya tidak terasa berat. Setiap jurusan memiliki “ingatan” terindah masing-masing ya sobat-sobat, Biologi identik dengan praktikum yang tiada habisnya mulai dari masuk hingga lulus kuliah, bab paling membuathectic yaitu penulisan laporan praktikum yang wajib ditulis tangan dengan tinta biru. Oh iya, karena saya menulis ini ketika pandemi Covid-19 jadi praktikumnya tetap dijalankan secara online. Sesuai kebijakan yang disepakati, penulisan laporan memakai laptop/komputer dan praktikum yang mampu dilaksanakan di rumah mirip observasi hewan dan flora tetap dilaksanakan di rumah masing-masing mahasiswa.


KIAT SURVIVE DI JURUSAN Biologi UIN Maulana Malik Ibrahim


Kalian yang telah terlanjur “menceburkan” diri di sini harus siap menghadapi sulit dan senangnya Biologi selama 8 semester, jikalau kalian tidak siap maka kuliah akan sungguh terasa berat. Apabila dilakukan dengan tulus, gampang-mudahan ilmunya menjadi berkah dan bermanfaat. Masa awal perkuliahan bisa dibilang sebagai periode yang sungguh menentukan bagaimana “nasib” kita hingga lulus nanti, mulai dari awal saat menjadi mahasiswa/i baru semestinya telah mesti mulai ulet mencar ilmu bahan yang diberikan dosen, jikalau cobaan jangan sekali-kali untuk menjajal belajar dengan sistem SKS, berguru atur waktu dengan efisien, bisa dicoba dengan buat list prioritas.


Belajar dicicil dari H-7 cobaan minimal deh, terus dikala kelas berlangsung rekam/catat omongan dosen yang jadi kata kuncisoal cobaan. Persiapkan juga ya buku sakti seluruh mahasiswa biologi yakni bukunya Biology by Champbell. Rajin ke perpustakaan untuk cari tumpuan perkuliahan biar saat di kelas nanti dosen jelasin materi ke kalian suasana gak tenang so, kalian dapat predikat mahasiswa aktif deh.


Perbanyak berbuat baik ke sobat dan abang tingkatnya, kita gak tau di masa depan bakalan kaya apa balasannya. Untuk yang masih baru jadi mahasiswa seharusnya jangan ikut banyak organisasi kalau nanti bikin kalian lepas tanggung jawab perkuliahan kalian. Ikut organisasi yang cocok sama minat karir kalian ke depannya aja, alasannya adalah itu lebih efektif dan gak akan bikin berat dijalanin. Buang jauh-jauh sifat egois dan tabrak nasib kalian, dunia perkuliahan itu miniatur dari kehidupan bahwasanya dikala lulus nanti. Ikuti kompetisi sebanyak-banyaknya ketika masih jadi mahasiswa, baca buku sebanyak-banyaknya. Manfaatkan kesempatan dengan baik, sehingga dikala lulus dan kembali ke masyarakat mampu menjadi pencetus kemajuan nyata.


Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


HARAPAN SAYA SETELAH LULUS


Jujur saja, tidak pernah terlintas dibenak saya untuk menjadi mahasiswa. Sejak SMA saya tidak mempersiapkan diri menjadi mahasiswa, saya niat masuk sekolah kedinasan sebab ongkos pendidikan gratis dan pekerjaan dijamin negara tentu zona tenteram sekali bagi aku. Sekarang saya sudah di sini, hal yang terbaik aku lakukan yaitu menuntaskan yang telah aku mulai dan membuatkan kebaikan di sekitar aku.


Saya ingin melanjutkan studi S2 dan berharap kampus tersebut berada di luar negeri, aku mulai meriset beberapa beasiswa yang saya butuhkan. Saya ingin merintis suatu perusahaan supaya semakin banyak orang yang bisa menerima pekerjaan. Kalau boleh, aku minta perlindungan untuk meng-aamiin-kan keinginan aku ini, siapa tahu yang membaca ini akan dikabulkan oleh Tuhan aku, Allah Yang Maha Kaya. Terima kasih sudah menyediakan waktu kalian untuk membaca sharing ini. Saya harap ini menolong kalian semua, jikalau ingin mengajukan pertanyaan drop komentar saja.


Kode Konten: X472



Sumber we.com


EmoticonEmoticon