Jumat, 05 Juni 2020

Fisika Universitas Negeri Jakarta (Fatur)

Halo teman intipers! Aku Ferdiansyah Faturachman Achmad dari Fisika Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi sobat-sobat yang hendak mengajukan pertanyaan atau diskusi, bisa komen di bawah postingan ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu postingan ini sebelum mengajukan pertanyaan.


Secara biasa , jurusan Fisika Universitas Negeri Jakarta seperti apa?


Jurusan fisika itu tergolong luas, yang pertama kita pelajarin fisika klasik, mempelaajri bagaimana alat melakukan pekerjaan , teladan dalam sehari ini ada pesawat melayang, nah itu dipelajari oleh fisika klasik, semester selanjutnya ada magnet, listrik, kita mempelajari bidang secara khusus di fisika, ada yang namanya glombang, elektro, dan bahkan ada mata kuliah pemrograman. 


Bagi kalian yang ingin menerima informasi jurusan dan masuk sekolah tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 


Apa yang jadi alasan masuk jurusan Fisika Universitas Negeri Jakarta?


Awalnya aku menduga jurusan fisika ini cuma mencar ilmu hitung-hitungan, ternyata tidak, kita mempelajari konsep alat bekerja, aku dikenalin sama guru SMA, setiap ngajar gimana cara ngitung, tetapi lebih memahami rancangan ilmu fisika, jadi menciptakan aku menawan, jadi ga hanya ngajarin ngitung aja.


Apa mata kuliah dan peran yang khas dari jurusan ini?


Ada di semester 3 namanya pemrograman komputer, itu lebih berkesan, alasannya adalah saya belum punya basic untuk mengenal koding kaya gitu, dan itu menciptakan penasaran. Terus ada lagi mata kuliah banyak sekali praktikum, ada praktikum fisika dasar, praktikum fisika terbaru, itu asik banget, ga cuma cara mengolah data yang bagus, tapi gimana caranya mengenal konsep itu lebih jauh, ga cuma kenal teori tapi ada praktiknya.


Adakah fokus atau golongan kemampuan di jurusan ini?


Bisa di ambil semester 5-7, ada kelompok keahlian fisika komputasi, intrumentasi, material, teoritis, dan di Fisika UNJ rencananya akan diadakan fisika medis. Fisika komputasi lebih menerangkan dasar mempelajari koding, instrumentasi gimana cara kita buat alat yang berhubungan dengan sehari-hari yang mampu membantu, material membangun macam bangunan, struktur bangunan, terus ada medis, ini masih rencana alasannya ada dosen yang kompeten di bidang itu, terus teoritis itu lebih tentang energi terbarukan, cara menemukan rumus. Aku sendiri rencana ngambil instrumen atau material, namun mau konsultasi dahulu dengan dosen akademik. 


Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?


SNMPTN jalur raport, SBMPTN atau UTBK, dan mampu berdiri diatas kaki sendiri mampu di susukan di penmaba UNJ. Pertama masuk semster 1-2 berguru tentang mata kuliah kaya di SMA, gaya, gerak, energi listrik. Semester 3 dan 4 itu lebih dalam, ada fokus semester sendiri, kaya gelombang, elektro 1 dan 2 belajar dasar, semester 3 lebih mempunyai kecenderungan lagi.


Ada kiat buat mahasiswa gres Fisika Universitas Negeri Jakarta?


Tetap semanga, di jurusan ini gimana cara kita bisa bertahan, bertahan ini macam-macam, entah bertahan dari segala forsir peran atau praktikum, karena praktikum lebih ngena, mampu mengolah data dan mengenal konsepnya.


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Bagaimana harapan kerja dari alumni jurusan ini?


Ada di banyak sekali bidang penelitian di Indonesia, ada LIPI, LAPAN, atau di BATAN, tergantung bidang keahlian yang diambil apa.


Apa rencana dan impian kau sesudah lulus?


Saya penegn banget lanjutin S2, tapi aku engga ingin membebankan orang bau tanah. Kaprikornus aku ingin mengajukan beberapa beasiswa sekarang masih cari info. Setelah lulus saya ingin jadi dosen, karena kayanya lebih asik mengajar mahasiswa itu dan lebih menantang.


Kode konten: C411



Sumber we.com


EmoticonEmoticon