Rabu, 10 Juni 2020

Ilmu Komunikasi Uns (Rosyi)

Halo Intipers!! Kenalin aku Nasyaatur Rosyidah (umumdiundang Rosyi) dari jurusan Ilmu Komunikasi UNS Angkatan 2018. Pada tulisan ini, aku mau sharing pengalamanku selama jadi mahasiswa komunikasi nih. Simak sampai tamat ya. Bagi sahabat-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu postingan ini sebelum mengajukan pertanyaan. rasanya berkuliah di acara studi geofisika? Yuk, simak pengalaman saya!


Gambaran Umum ihwal Ilmu Komunikasi UNS


Seperti namanya, ilmu komunikasi mempelajari cara berkomunikasi yang bagus dan benar. Nah, komunikasi ini gak hanya mulut aja ya, tapi juga mempelajari komunikasi dalam bentuk nonverbal (non-verbal). Makara bila ada yang bilang anak introvert gak cocok masuk komunikasi itu salah besar, alasannya saya sendiri tergolong orang yang introvert (wkwkwkwk 🤣). Tapi, selain itu bergotong-royong masih banyak bahan kuliah yang gak cuma memerlukan kemampuan berbicara aja. Misalnya fotografi, jurnalistik, menyusun naskah program, layout majalah atau buletin, dan lain-lain.


Bagi kalian yang ingin mendapatkan informasi jurusan dan masuk akademi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Mata Kuliah di Ilmu Komunikasi UNS  


Awalnya ilmu komunikasi UNS punya kurikulum yang menawarkan tenggat waktu berguru lebih dari empat tahun. Tapi mulai dari angkatan 2017, risikonya kurikulum ini dipadatkan menjadi empat tahun.


Secara garis besar, mata kuliah di semester permulaan masih berupa pengantar yang gak hanya dari ilmu komunikasi aja. Beberapa diantaranya adalah metode aturan Indonesia, filsafat ilmu, pengantar psikologi, dan kewirausahaan (ini jadi mata kuliah wajib di UNS). Baru semakin lama semester, kian mengarah ke komunikasi itu sendiri. Misalnya mirip teori komunikasi, penyusunan rencana komunikasi, media siber, dan teknologi komunikasi.


Ow ya, mau ngasih tambahan. Nantinya di beberapa semester, psikologi, sosiologi, politik, dan aturan masih dipelajari, namun dengan tanda kutip telah memiliki kecenderungan ke komunikasi ya (acuan: aturan dan budbahasa komunikasi, sosiologi komunikasi, komunikasi politik, dan psikologi komunikasi).


Mata kuliah Favorit


Dari banyak mata kuliah yang telah aku ambil, sejauh ini aku paling suka fotografi sama jurnalistik. Sesuai namanya, di mata kuliah fotografi kita diajari hal-hal fotografi seperti still life (membuat objek mati seolah-olah menjadi hidup) dan stop action (mengambil gambar objek yang bergerak). Kaprikornus selama satu semester, peran yang diberikan (tergolong untuk UTS sama UAS) gak jauh dari mengambil gambar (ini juga jadi alasan kenapa saya suka fotografi ❤).


Sedangkan untuk jurnalistik, di UNS masih dibagi menjadi tiga mata kuliah yaitu pengirim jurnalistik, jurnalistik 1 & 2. Pada pengantar jurnalistik, kita diajari cara menulis postingan gosip yang bagus dan benar. Sedangkan di jurnalistik 1 dan 2, kita diajari wacana pengelolaan media massa (website, majalah, dan buletin) dan menulis artikel gosip secara lebih profesional.


Contoh untuk tugas mata kuliah jurnalistik mirip kelompokku yang meliput fenomena tentang keberadaan joki peran dikalangan mahahsiswa (ini masuk tugas investigative reporting). Ow ya, buat mata kuliah jurnalistik 1 dan 2 masuknya keutamaan ya, jadi gak semua mahasiswa mampu ngerasain mata kuliah ini. Selain itu, alasan kenapa saya suka jurnalistik sebab menurutku eksklusif skill menulis itu penting dimanapun nanti kita akan melakukan pekerjaan (+ saya yang emang suka nulis 😁).


Konsentrasi (golongan keterampilan) di Ilmu Komunikasi UNS


Di jurusan ini disediakan lima spesialisasi, tapi setiap mahasiswa wajib mengambil tiga keutamaan aja. Lima spesialisasinya ada video, radio, jurnalistik, periklanan, dan public relation. Spesialisasi ini baru mampu diambil pas semester empat. Jadi, bisa dibilang di bab keutamaan ini mahasiswa sudah dituntut untuk lebih banyak melaksanakan praktek yang mayoritas bersifat team work (kerja kelompok). Misalnya mirip tugas radio yang menciptakan program selama setengah jam dan jurnalistik yang menciptakan liputan investigative reporting.


Nah, sebelum keutamaan biasanya dari Himakom (himpunan mahasiswa komunikasi UNS) bakal ngadain media visit ke beberapa media massa yang cocok dengan spesialisasi di Komunikasi UNS. Dari acara ini, peluangnya mahasiswa gak perlu galau lagi dalam memilih keutamaan yang akan diambil. Tapii selaku suplemen aja, diangkatanku sendiri alasannya bertepatan dengan masuknya Covid-19 ke Indonesia, alhasil media visit diganti dengan sosialisasi melalui grup whatsapp yang berisi dosen dan abang tingkat dari setiap spesialisasi.


Tips buat mahasiswa gres Ilmu Komunikasi UNS


Tips dari aku cukup satu aja, yakni luruskan niat kalian. Kalau niat udah salah, kedepannya juga gak akan gampang. Pastikan jika komunikasi memang passion kalian. Bagi yang milih jurusan ini alasannya adalah merasa yang paling gampang, kalian salah. Nantinya banyak peran yang gak bisa dibilang sedikit dan gampang. Bagi yang milih jurusan ini alasannya adalah prospek kerjanya luas, tolong juga dikenang bahwa lulusan komunikasi itu jumlahnya gak sedikit, jadi tentukan dengan baik kalau komunikasi emang yang kalian harapkan.


Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Prospek Kerjanya


Seperti yang telah aku jelasin sebelumnya, dari lima keutamaan yang ada, setiap keutamaan punya prospek kerja masing-masing. Secara singkat beberapa contohnya mirip berikut:



  • Jurnalistik : Jurnalis dan layouter (yang menyusun elemen teks dan gambar biar menjadi satu kesatuan).

  • Video : Talent (pengisi acara), editor, dan penulis naskah acara.

  • Periklanan : Creative agency (yang membuat iklan dari ajakan klien) dan media planner (yang menyiapkan bagaimana penempatan iklan mampu efektif).

  • Public relation : Event organizer dan konsultan kehumasan.

  • Radio : Announcer, penulis naskah acara, music director (yang bertanggung jawab terhadap format musik dalam siaran radio), dan acara director (yang mengarahkan suatu program).


Kalau dari ilmu komunikasi UNS sendiri, sejujurnya aku gak terlalu tahu banyak. Tapi setahuku banyak alumni yang melakukan pekerjaan di stasiun TV mirip RCTI, jurnalis di media massa lokal, dan akademisi di beberapa perguruan tinggi, tergolong di UNS sendiri.


Kode konten: X469



Sumber we.com


EmoticonEmoticon