Senin, 08 Juni 2020

Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan Politeknik Bahari Negeri Indonesia (Febiola)

Halo sobat intipers! Aku Febiola Purnamasari jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Febiola) angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi sobat-teman yang hendak bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah postingan ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu postingan ini sebelum bertanya.


Secara lazim, Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan Politeknik Maritim Negeri Indonesia itu seperti apa?


Jurusan ini ialah yang mempelajari dari kapal itu datang hingga berangkat. Semuanya kita mengurusi, dari mulai administrasinya, serta muatan-muatannya sampai di bongkar dan di pergudangan. Makara cakupan jurusan ini sangat luas, tidak hanya tentang kapalnya saja, muatannya juga dan dokumennya, bahkan sampai muatan kapalnya sampai kepada masing-masing pihaknya.


Bagi kalian yang ingin menerima informasi jurusan dan masuk akademi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan Politeknik Maritim Negeri Indonesia?


Kalau aku boleh saya jujur, awalnya saya gak milih jurusan ini, tapi sesudah lewat banyak sekali proses dan balasannya saya memilih jurusan ini sebab pertama itu memang faktor dorongan dari orang tua. Saya juga paham memang laut di Indonesia itu sangat diharapkan, kita membutuhkan SDM untuk membangun bahari kita, alasannya bahari kita lebih besar dibanding daratan. Jadi memang kita harus bergerak dan menggeluti eksklusif untuk membangunnya, jangan hingga negara lain yang mengambil alihnya. 


Apa mata kuliah dan peran yang khas dari jurusan ini?


Kalau ditanya mata kuliah yang khas, mungkin ada mata kuliah yang mengontrol misalnya kapalnya itu mau berangkat dari Indonesia ke Amerika, kita yang ngatur. Dari mulai transitnya dimana, bongkar muatnya dimana, semuanya kita yang ngatur. Kemudian bila di semester dua itu udah ketemu sama kepabeanan, wacana dokumen-dokumen ekspornya.


Ada juga pergudangan, kita juga mengatur pergudangannya. Kemudian ada OPTK (Operasi terminal peti kemas), dimana kita bisa mengendalikan muatan misalnya kita ambil contoh kontainer, kontainer itu diletakkan dimana di bab kapal agar kontainer tersebut jangan hingga memperbesar pengeluaran uang lagi ketika tertimbun. 



Adakah fokus atau kalangan kemampuan di jurusan ini?


Sampai dikala ini yang saya tau emang gak ada fokus.


Apa jalur masuk yang ada di jurusan kau?


Kalau di jurusan say aitu ada tiga, ada SNMPN, BMPN, sama mandiri. Tapi disini ada pemanis lagi tesnya ialah ada Samapta, psikotes, sama kesehatan. Untuk yang Nautica nya itu kini udah pindah ke SNMPTN.


Ada kiat buat mahasiswa gres Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga & Kepelabuhan Politeknik Maritim Negeri Indonesia?


Berhubung kini daring, alasannya adalah bekerjsama kampus saya iniadalah kampus semi militer, jadi disini pas di semester satu bener-bener dilatih mentalnya untuk menjaid mental kuat. Tapi sekarang posisinya daring, jadi untuk pembentukan fisik dan mentalnya itu udah turun, tetapi Insyaa Allah semoga pas masuk ditingkatkan lagi 


Kemudian untuk adik-adik yang masih gres, semangat dulu belajarnya dan tingkatin nilainya dahulu, pada dasarnya harus rajin berguru dan suka membaca info-info. Soalnya kita juga mesti update informasi tentang kemaritiman di Indonesia.


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Bagaimana harapan kerja dari alumni jurusan ini?


Kalau prospek kerjanya itu kita mampu memilih juga, mau melakukan pekerjaan di perusahaan yang nasional atau multinasional. Kalau di nasional itu kita bisa di Pertamina, Pelindo. Ddi perusahaan multinasional itu, kita bisa kerja di perusahaan-perusahaan pelayaran, bongkar muat, pelabuhan, dan lain-lain yang swasta. Atau bahkan kita juga bisa melakukan pekerjaan di pertambangan, jadi yang mampu kita kerjakan ada di ekspor hasil pertambangannya. Contohnya di Sulawei ada perusahaan nikel, kita terjun kesana dalam mengurusi untuk manajemen ekspor dari nikel tersebut. 


Harapan dan tujuan kau setelah lulus


Kalau ditanya harapan saya, saya pengennya kerja dulu buat nambah pengalaman dan skill dulu. Kemudian setelah itu, saya mau lanjut kuliah lagi untuk mengupgrade ilmu yang saya punya, sambil menulis alasannya saya juga suka menulis.


Kode konten: C492



Sumber we.com


EmoticonEmoticon