Sabtu, 06 Juni 2020

Kimia Universitas Padjadjaran (Putri)

Halo teman intipers! Aku Putri Neta Lestari jurusan Kimia Universitas Padjadjaran angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang saya ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-sobat yang mau mengajukan pertanyaan atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum mengajukan pertanyaan. Kalian juga mampu nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini


Secara umum, Jurusan Kimia Universitas Padjadjaran itu mirip apa?


Jadi bila jurusan kimia itu di Universitas Padjajaran adanya cuma Kimia murni, kan kalau di kampus lain ada Pendidikan Kimia. Kalau misalnya Kimia sendiri lebih banyak terhadap teori, dan teori-teorinya gak jauh beda sama di SMA hanya diperdalam mirip teori atom, disana kita juga belajar lebih mendalami. Tidak hanya berguru kulit atom, lebih mendalam kepada kita mencar ilmu bagaimana elektronnya dan lain sebagainya. 


Bagi kalian yang ingin mendapatkan isu jurusan dan masuk perguruan tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Kimia juga dibagi menjadi dua garis besar, di Kimia Unpad itu kita ada belajar teori dan praktik. Tentu praktik ini gak ajaib ya buat temen-temen MIPA sepertinya karena kita juga masih rumpun saintek. Kalau kimia itu paling kaya gitu, dan seperti yang tadi aku bilang, bila di Kimia Unpad itu belajarnya mampu dibilang mencar ilmu yang tidak terlampau banyak pada praktikum, dan praktikumnya itu bentuk aplikasi dari teori yang diajarkan pada saat kuliah.


Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Kimia Universitas Padjadjaran?


Alasannya sebab telah menjadi ‘becandaan’ dari sejak Sekolah Menengah Pertama, dari orang renta juga mengarahkan saya untuk kuliah di Unpad. Kaprikornus dari situ saya mencoba untuk mewujudkan cita-cita orang bau tanah aku, namun aku mikir lagi pas udah Sekolah Menengan Atas kira-kira kuliah di Unpad ngambil jurusan apa? Karena saya kesengsem pada pelajaran Kimia pada ketika Sekolah Menengan Atas, kesannya aku mencoba masuk ke jurusan Kimia dan Alhamdulillaah. 


Apa mata kuliah dan peran yang khas dari jurusan ini?


Mata kuliah yang khas dari kimia itu yang berbau dengan kimia. Pokonya mata kuliah di Kimia itu rata-rata depannya itu ada kata kimia nya contoh kimia lingkungan, kimia dasar, kimia komputasi, pokoknya per kimia-kimiaan gitu, bahkan kita juga berguru statistik ada nama kimianya yaitu analisis multivariat dalam kimia.


Kemudian jikalau yang khas praktikum itu, sebab bila contohnya mungkin kaya di temen-temen lainnya di MIPA niscaya ada praktikumnya, walaupun gak semuanya. Kimia ini kaya dominan praktikumnya, makanya jika di kimia itu niscaya praktikum. Kalau praktikum itu pasti sebelumnya membuatjurnal pendahuluan, jika kita lazimnya diundang lockbook, terus habis itu bikin laporan praktikum setelahnya.


magang/praktik kerja lapangan di Balai Besar Tekstil

magang/praktik kerja lapangan di Balai Besar Tekstil


Adakah fokus atau kalangan keahlian di jurusan ini?


Ada, di semester enam ini kita mesti menentukan fokus untuk peran final, jadi di kita ada empat fokus utama. Pertama ada lab material, dulunya anorganik fisik. Kedua ada kimia analisis dan pemisahan atau analitik yang umum temen-temen tau. Ketiga kimia organik. Di kimia organik kita dibagi lagi, jika misalnya kita memilih topik besarnya kimia organik untuk tugas selesai, nanti kita disuruh pilih lagi sintesis atau kimia organik materi alam. Keempat itu konsentrasiny ada biokimia. Kalau di kampus lain mungkin udah ada prodi tersendiri untuk biokimia, tetapi jikalau di kimia unpad sendiri masih nyatu ke kimia. 


Ada berapa jalur masuk di jurusan kau?


Jalur masuk gak jauh beda dari universitas negeri lain. Ada tiga adalah ada SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri atau di Unpad namanya SMUP.


Ada kiat buat mahasiswa gres Kimia Universitas Padjadjaran?


Kalau kiat sih paling jangan sampai nyesel di akhir. Jujur ini dari pengalaman saya ya. Aku ngikutin alur aja, makanya cukup keteteran menjelang semester selesai kini. Kaprikornus kita harus nyusul orang-orang yang udah mencar ilmu duluan. Mungkin kalau tips dari aku buat temen-temen semua jangan lupa buat ngulik! Makara sebelum kita mempelajari itu harus mau ngulik duluan. Jangan nungguin diajarin dulu, sebelum kita diajarin tuh seenggaknya kita tuh tau apa yang hendak di diskusikan di mata kuliah tersebut.


Kemudian dibiasain bergadang. Sebenernya emang gak baik sih ya namun emang administrasi waktu dan kadang ada aja tugas yang memang mengharuskan kita untuk bergadang. Nah itu paling disiapin aja. 


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Bagaimana kesempatan kerja dari alumni jurusan ini?


Aku juga sesungguhnya pas awal-awal mikir kimia tuh niscaya ujung-ujungnya jika gak dosen guru, nah padahal enggak. Kimia Unpad sendiri udah luas banget lapangan pekerjaannya, malah ada alumni kimia yang bener-bener out of the box bnget, alumni kimia malah jadi banker. Kalau di kimia pada umumnya kerjanya jika gak di laboratorium, analis, ia jadi peneliti atau jadi dosen, kalau ke guru itu jarang karen kan kita dasarnya memang kimia murni kan jikalau jadi guru harus kuliah lagi. 


Contoh industri yang prospek kerjanya ada anak kimia itu Biofarma, paragon, itu sih yang banyak diincer sama alumni kimia Unpad, sebab kimia tuh gak lepas ya dari yang namanya laboratirium.


Apa impian dan rencana sehabis lulus?


Kalau buat saya prbadi berharap kalau udah lulus aku pengen sesuai sama jalur yang lagi aku tempuh  karena saya kuliah di kimia pengen berbagi ilmu yang aku punya, ada beberapa sasaran industri yang lagi saya bidik kini, karena kemaren saya juga sempet magang di tempat itu dan aku kesengsem sih, bila temen-temen tau ada balai besar tekstil itu saya jatuh cinta banget kesana karena menurut aku disana kerjaannya menawan.


Karena aku gak diajarin pribadi ke kain gitu, kan bila di tekstil itu ke kain dan ada laboratorium yang betul-betul objeknya itu kain, saya kepincut banget. Aku berharap ilmu yang didapet di kimia Unpad ini bisa berguna kedepannya terutama buat saya dan lingkungan sekitar. Aku jug aingin menunjukan kalau kimia itu bukan perusak lingkungan, padahal ada yang namanya green chemistry, itu saya belum mengambil mata kuliah itu, saya pengen kesana kaya gitu.


Kode konten: C376



Sumber we.com


EmoticonEmoticon