Minggu, 07 Juni 2020

Pendidikan Matematika Unj (Nurlailatul)

Halo sobat intipers! Aku Nurlailatul Qiram jurusan Pendidikan Matematika UNJ (Universitas Negeri Jakarta) angkatan 2018. Kali ini saya ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi sahabat-sobat yang mau mengajukan pertanyaan atau diskusi, mampu komen di bawah postingan ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.


Secara umum, Jurusan Pendidikan Matematika UNJ itu mirip apa?


Di UNJ itu ada pendidikan matematika dan matematika murni, jika di jurusan pendidikan matematika cakupannya kami mempelajari ilmu matematika yang bisa diterapkan dalam pendidikan. Mata kuliah yang kami pelajari diantaranya matematika Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas, jadi memang di pendidikan matematika itu kami tidak terlampau fokus kepada ilmu murninya saja, tapi juga ilmu pendidikannya. 


Bagi kalian yang ingin menerima berita jurusan dan masuk sekolah tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Dalam ilmu pendidikannya, kita berguru bagaimana memahami pertumbuhan peserta bimbing, cara kita mengajar, cara membuat RPP, mirip itu kurang lebih dalam ilmu pendidikan yang di pelajari di pendidikan matematika. Aku ngerasa mujur di pendidikan matematika, karena gak terlalu sakit kepala mikirin ilmu murni, dan lebih terbuka wawasannya saat di pendidikan matemtika, di jurusan ini kita mencar ilmu bukan cuma cara mengajar, namun juga bisa mengenali peserta bimbing itu sendiri. 


Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Pendidikan Matematika UNJ?


Sebenernya karena ini cukup lucu aja sih, jadi sebenernya tuh ketika aku masuk pendidikan matematika, banyak orang yang bertanya, alasannya aku hobinya menari dan berkegiatan sosial. Aku orang yang sangat menyukai matematika tapi tidak andal dalam matematika, sehingga ketika SMA kelas 3 sempet sangsi antara seni tari atau pendidikan matematika. 


Akhirnya mikir lagi, berguru menari itu masih mampu di sanggar tapi belajar matematika itu gak ada ilmu khususnya kecuali kuliah, alhasil saya menetapkan pendidikan matemtika sehingga hobi saya juga bisa meningkat , juga memang dari kecil saya sungguh kesengsem untuk menjadi guru, entah kenapa saya seperti punya dorongan untuk mencerdaskan anak asuh bangsa buat nantinya mereka bisa berguru matematika bukan untuk menjumlah, tetapi belajar matematika dengan have fun¸ dan mereka mampu mempunyai self-esteem yang tinggi dalam dirinya, itu sih yang memotvasi aku untuk menentukan pendidikan matematika. 


Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?


Kalau misalnya mata kuliah yang khas dari pendidikan matematika tadi uda sempet saya singgung yang berlainan dengan murni, pastinya kita belajar mengenai ilmu kependidikan, bukan hanya wacana cara mengajar, juga kita mengenali karakteristik dari penerima asuh, juga di pendidikan matematika pasti kita mempelajari bagaimana kita menyusun RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran). Setiap jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas itu cara berguru matematikanya berlainan gitu, juga disini kita mempelajari pembelajaran di setiap jenjang.


Sebenernya untuk peran khas tidak ada, tugasnya ya sama aja gak jauh-jauh dari kita membuatpostingan ataupun kita ngeresume, penyajian, cuman yang membedakan di universitas lain itu walaupun sudah berkecimpung dalam dunia pendidikan matematika, tetapi masih ada pelajaran tentang biologi dan kimia dasar gitu, jadi di kampus lain itu setau saya masih ada mata kuliah tersebut, danmasih ada ngerjain laporan praktikum, dan untungnya di UNJ gak ada itu, jadi saya terbebas dari yang namanya praktikum, berdasarkan saya itu sih yang menjadi kelebihan menjadi suatu keuntungan untuk kami mahasiswa yang memang tidak terlampau memahami wacana fisika, kimia, biologi, jadi kita mahasiswa nya konsentrasi mempelajari ilmu yang sesuai jurusan.


Adakah fokus atau golongan keterampilan di jurusan ini?


Biasanya itu di semester satu ada, cuman pilihan saja itu ada kesenian dan olahraga. Di semester dua itu tidak ada, kalau di angkatan aku itu kejuruan ada dua ada PAK dan PLH. PAK itu pendidikan anti korupsi dan PLH itu pendidikan lingkungan hidup. PAK itu membahas seputar aturan, politik dan perkorupsian, jika PLH itu lingkungan hidup seperti geografi, lingkungan, insan dan penduduk kaya gitu. 


Biasanya, setiap tahun itu mahasiswa kabur ke PLH alasannya mereka menghindari speak up yang ada di PAK sebab speak up itu tidak boleh dibantu, hanya boleh dibantu oleh power point satu slide aja. Waktu angkatan saya itu mungkin dosennya udah tau, jadi speak up itu ada di mata kuliah yang di perjanjian sama satu angkatan, jadi semuanya kebagian dan kini beruntungnya lagi daring jadi cuma disuruh buat vidio sajatapi gaboleh nyontek dan gak boleh ada jeda. 


Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?


Kalau jalur masuk sebenernya nyaris sama dengan seluruh jurusan yang ada. Pertama SNMPTN yaitu melalui jalur permintaan. Kedua SBMPTN yaitu tes tertulis, dan ketiga ada jalur mampu berdiri diatas kaki sendiri dan jalur prestasi. Hal yang membedakan jikalau SNMPTN gak pake tes tertulis tapi pake nilai raport. Cuman memang kalau nilai raport kan balik lagi ya kita gak mampu menjamin berapa sih nilai minimalnya karenaternyata dari masing-masing individu yang masuk dari jalur SNMPTN ada yang tinggi dan rendah. 


Tips SBMPTN


Kalau misalnya SBMPTN pastinya kalian harus memenuhi kriteria nilai yang diputuskan. Kebetulan aku kemarin gres nanyain ke adik tingkat aku, jika 2018 itu gak ada yang namanya kita mengetahui skor kita. Kalau di tahun 2019 dan 2020 itu mereka mampu mengenali nilai  dan baru mereka mampu pilih masuk jurusan. Kalau tahun 2019 itu masuk jurusan pendidikan matematika skor SBMPTN nya sekitar 600an. Ada yang 600-650 an, tetapi jikalau yang tahun 2020 kemarin nilainya sekitar 570-580 an. Makara mungkin setiap tahun itu nilainya beda-beda tergantung gimana kompetisinya aja. Terakhir mandiri juga sama sih tertulis, dan juga jalur prestasi.


Pokonya yang penting berupaya yang terbaik, optimis, dan ambil potensi sih menurut saya. Pengalaman dari saya, dikala aku SBMPTN pas 2018 saya inget banget setau aku tuh gak ada nilai minus ya. Jadi tahun aku tuh terserah kita mau jawab berapa banyak dan waktu itu sempet banyak pandangan, dan aku sempet di olok-olokin temen aku memang bimbel dan dari kawasan bimbelnya itu diberitahu bahwa jangan ngasal soalnya nanti tertangkap basah kalau kau itu ngasal dan nanti tertangkap basah terus di blacklist.


Tapi aku juga dapet motivasi lain dari guru-guru aku lainnya, jikalau ini justru potensi kau ketika kamu tau disini gak ada nilai minus, kerjain aja semua soal meskipun kamu ngasal, sebab siapa tau kau mampu bener disana. Akhirnya waktu itu saya memberanikan diri untuk menjawab semua soal, dahulu tuh aku ngejawab soal fisika 10 nomor dengan jawaban D semua dan balik lagi sih kita harus berani mengambil keputusan, dan bila memang rezeki kita itu mau gimanapun insyaa Allah akan dipermudah. 


MC of Wisuda Tahun Akademik 2020/2021 Semester 113 Program Sarjana dan Magister FMIPA Universitas Negeri Jakarta

MC of Wisuda Tahun Akademik 2020/2021 Semester 113 Program Sarjana dan Magister FMIPA Universitas Negeri Jakarta


Ada tips buat mahasiswa gres Pendidikan Matematika UNJ?


Untuk mahasiswa gres berarti untuk temen-temen yang saat ini semester dua, untuk adik tingkat saya. Beberapa hari kemudian juga ada beberapa adik tingkat saya yang meminta motivasi dari saya. Ketika dalam pembelajaran ada beberapa dosen memang menyaksikan kinerja kalian hanya sekedar UTS atau UAS. Tapi percayalah pasti secara umum dikuasai dosen tuh menyaksikan kemajuan kalian dikala kalian di kelas. Bukan hanya nilai UTS dan UAS kalian manis tapi melihat juga bagaimana saat kalian menghargai para dosen. Sesimpel ketika dosen bertanya ‘apakah ada pertanyaan?” kemudian mahasiswa diem semua gak ada yang menjawab, berdasarkan aku itu hal yang salah ya. Kalau misalkan kita gak bisa atau gak tau, lebih baik kita bilang aja gitu dibandingkan dengan diem. 


Aku tipe orang yang senantiasa aktif di kelas. Aku berprinsip bahwa sebagai bentuk aku menghargai dosen saya dan juga agar dosen aku tau bagaimana cara mereka mengajar apakah sudah membuat anak didiknya paham. Kaprikornus pesen saya untuk temen-temen mahasiswa gres adalah kalian coba menghargai dosen. Kalian coba jawab walaupun kalian gatau, terlebih di kondisi online seperti ini dosen kalianpun telah berusaha yang terbaik dan semaksimal mungkin. Juga berusahalah untuk aktif di kelas, jangan takut untuk salah sebab hal itu wajar. Percaya atau enggak, mahasiswa yang aktif itu akan lebih unggul dibandingkan dengan mahasiswa yang cuma ambis tetapi diem aja. Itu berdasarkan pengalaman aku. 


Untuk calon mahasiswa gres yang penting balik lagi yang udah saya sampaikan jangan lupa untuk selalu berusaha mencar ilmu semaksimal mungkin, dan tetep optimis juga cari kesempatan-potensi yang memang mampu menciptakan kalian yakin menentukan jurusna tersebut. 


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?


Jurusan pendidikan matematika UNJ alasannya adalah UNJ dulunya IKIP, harapan kerja yang menjanjikan ialah menjadi guru. Tidak cuma menjadi guru, bisa menjadi spesialis matematika atau peneliti tergantung minat dan bakatnya. Namun memang prospek kerja yang peling terutama ialah menjadi guru matematika. 


Lulusan jurusan pendidikan matematika pun ada beberapa yang memang gak melanjutkan jadi guru matematika. Ada yang entrepreneur, balik lagi dari impian temen-temen sendiri. 


Apa keinginan dan rencana sesudah lulus?


Kalau keinginan dan planning saya sehabis lulus yang tentu saja aku mau jadi guru matematika. Itu yang menjadi mimpi yang udah saya inginkan. Setelah itu saya mau banget untuk namanya ngebuat sekolah belajar gratis khususnya di lingkungan 3T kaya gitu. Pengen banget untuk ngebangun komunitas untuk pendidikan gratis, bahkan dari nanti sebelum aku lulus. Intinya saya ingin sehabis lulus mampu mempergunakan ilmu yang pernah saya peroleh di kampus ini. Aku ingin membuat temen-temen bangkit dan mereka bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari aku. 


Kode konten: C375



Sumber we.com


EmoticonEmoticon