Kamis, 04 Juni 2020

Pgmi Uin Sunan Kalijaga (Nurul)

Halo sobat intipers! Aku Nurul Hidayah dari Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/ PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2018. Kali ini saya ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi sahabat-teman yang mau bertanya atau diskusi, mampu komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum mengajukan pertanyaan.


Secara biasa , jurusan PGMI UIN Sunan Kalijaga seperti apa?


PGMI singakatan dari Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Kalo di PTKIN itu PGMI, kalo di umum itu setara dengan PGSD. Jurusan PGMI outputnya jadi guru MI atau Sekolah Dasar, namun kelebihannya ada mempelajari bahan keagamaannya mirip bahasa arab, fiqih, aqidah akhlak, SKI. Di jurusan PGMI juga ada praktik-praktinya mirip PGSD, ada ngelab, praktik menari, ada praktik olahraga, dan ada hafalannya juga.


Bagi kalian yang ingin menerima informasi jurusan dan masuk akademi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 


Apa yang jadi argumentasi masuk jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta?


Sudah impian dari aliyah dan harapan sendiri untuk ngambil PGMI, telah di rekomendasiin sama guru-guru di aliyah, terus pas liat outputnya elok juga dan terpesona.


Apa mata kuliah dan peran yang khas dari jurusan ini?


Ada hafalan zuz ama, di permulaan semester, semester 6 ada mata kuliah Tahfidzul Qur’an, terus kita hafalan sama dosennya, nanti setoran, ditarget setiap minggunya, berapa surat yang mesti hafal. Terus menari, sebab setiap tahun kita mengadakan pentas, itu mata kuliah, namun untuk UAS nya kita membuatevent.


Adakah fokus atau golongan keahlian di jurusan ini?


Semuanya mesti di konsentrasiin, nanti kita jadi Guru Kelas, jadi PGMI seluruhnya mesti di kuasai. Nanti di semster atas, ada pemdalamn jurusan, itu opsi tidak wajib, untuk semester awal semuanya di ambil alasannya akan jadi Guru Kelas. Seperti aku semester ini pilih pendalaman matematika, pilihannya ada matematika, IPA, jadi tergantung kita mau mendalami yang mana, namun sebelumnya kita udah dikasih dasar-dasarnya IPA 1, 2, 3.


Apa jalur masuk yang ada di jurusan kau?


Untuk kampus PTKIN terutama PGMI masuknya keagamaan, bisa masuk melalui jalur SPAN PTKIN biasanya jalur nilai raport atau prestasi. Ada UMPTKIN seperti SBMPTN yaitu ujian melakukan soal, yang ketiga ada tes mampu berdiri diatas kaki sendiri, umumnya ada dua jenis ada yang CBT dan PBT, namun selama pandemi ini di buat CBT atau computer tes. Info lebih lanjut mampu di cek di instagram @uinsk.


Ada tips buat mahasiswa gres Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta?


Tetap semangat, dijalanin aja, jangan frustasi karena banyaknya mata pelajaran yang mesti dikuasai, sebab itu semua bakalan kembali buat diri kita sendiri, kita bakalan jadi madrasah pertama buat anak kita kelak, jadi ilmunya mampu buat diri kita sendiri, pokoknya jangan patah semangat.


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?


Kita bisa selain jadi guru, menekankan kita menjadi pebisnis, kita diajarkan mata kuliah eduprenership. Pertama kita bisa jadi guru, mampu jadi pengusaha di bidang pendidikan, kaya membuatbimbel atau media pembelajaran, untuk lulusan kebanyakan masih mengajar ke sekolah tetapi mereka punya bimbel kecil-kecilan gitu, kemudian ada yang melanjutkan S2 dan menjadi dosen.


Apa rencana dan keinginan kamu setelah lulus?


Masih fatwa lama, pengennya jadi pengajar, jadi guru dan eksklusif melakukan pekerjaan , dan kalo bisa melanjutkan studi ke yang lebih lanjut. Bisa menjadi guru yang mampu dibidangnya.


Kode konten: C414



Sumber we.com


EmoticonEmoticon