Minggu, 14 Juni 2020

Profesi Apoteker Ugm (Nur Aliyah)

Halo sahabat intipers! Aku Nur Aliyah, saya alumni Fakultas Farmasi, Prodi S1 Farmasi dan Profesi Apoteker Farmasi UGM. S1 itu angkatan 2014 dan masuk program profesi di 2018 dan lulus 2019. Alhamdulillah sekarang telah berpraktik sebagai apoteker. Kali ini saya ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi sahabat-sahabat yang hendak bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah postingan ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dahulu artikel ini sebelum bertanya.


Secara lazim, Profesi Apoteker UGM itu seperti apa?


Saya sedikit kisah S1 nya ya nanti nyambung ke profesi apotekernya. Di fakultas farmasi UGM itu ada 4 prodi. Ada S1 Farmasi, profesi apoteker, prodi S2 dan S3. Di prodi S1 ada 4 peminatan, farmasi bahan alam, farmasi sains teknologi, farmasi industri, farmasi klinik & komunitas. Biasanya ditempuh selama 4 tahun dan lulusannya mendapatkan gelar sarjana farmasi. Setelah lulus, sarjana farmasi bisa eksklusif bekerja di banyak sekali bidang, seperti industri, rumah sakit, pemerintahan tetapi pada umumnya temen-temen eksklusif melanjutkan studi ke program profesi apoteker. Profesi apoteker masih ditempuh selama 2 semester. Kalau di UGM semester 1 masih teori, dan semester 2 kita praktik lapangan di 3 daerah,, mulai dari industri/rumah sakit, apotek dan puskesmas.


Lalu, berbeda juga antara acara profesi sama jenjang S2.


Mungkin kurang familia ya acara profesi apoteker, gak kaya kedokteran. Nah jadi profesi apoteker itu semacam ko-ass gitu, lulusannya itu akan menciptakan kompetensi selaku seorang apoteker. Di dunia kerja ada semacam tingkatan atau perbedaan antara yang profesi apoteker dan yang S1 farmasi, jadi ada ranahnya masing-masing. Biasanya jabatan untuk profesi apoteker itu lebih besar, sebagai penanggung jawab apotek, instalasi farmasi di rumah sakit, dll.


Bagi kalian yang ingin mendapatkan berita jurusan dan masuk perguruan tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Apa yang jadi alasan masuk Profesi Apoteker UGM?


Sebenernya dulu sempet kepikiran untuk kerja dahulu, hanya dorongan dari orang bau tanah untuk lanjut profesi dulu alasannya nanggung juga 1 tahun. Setelah profesi kan ranah kerjanya lebih luas. Pertimbangan lainnnya untuk masuk profesi apoteker UGM itu cuma untuk lulusan S1 Farmasi UGM, jadi gak mendapatkan dari lulusan lain. Batas waktunya adalah 2 tahun, bila mau menangguhkan profesi apoteker.


Adakah konsentrasi atau golongan keahlian di jurusan ini?


Di profesi apoteker, diperkecil peminatannya jadi ada 2, adalah farmasi industri serta farmasi klinis dan komunitas. Kalau farmasi industri berkaitan dengan studi-studi di industri seperti pembuatan obat, penemuan, observasi. Sedangkan di farmasi klinis dan komunitas itu fokusnya mencar ilmu pengendalian kualitas, resep-resep yang diterima dari dokter sampai penyerahan ke penduduk . Kaprikornus jikalau di klinik industri itu fokusnya ke pembuatan obat, kalau klinik komunitas itu obatnya udah jadi kita menyerahkan ke pasien atau penduduk . Dulu waktu S1 saya ambil peminatan sains dan teknologi, jadi masuknya ke farmasi industri. Tapi di lapangan kerja, itu tuh gak mentok farmasi industri pasti kerja industri, tenyata gak kaya gitu sebab semua lulusan  adalah apoteker mampu kerja di bidang manapun, mulai dari penelitian hingga ke klinik komunitas. Saya juga dulunya industri dan kini kerja di klinik dan komunitas.


Bagaimana cara bergabung di program profesi apoteker?


Lulusan S1 Farmasi UGM jikalau mau lanjut ke program profesi apoteker itu ada entry exam. Kalau mau menunda lebih dari 2 tahun itu udah gak mampu, tapi mungkin setahu aku bisa dibantu oleh dosen-dosen yang mengenal kita untuk dibantu ke apoteker universitas lain.


Ada tips buat mahasiswa S1 Farmasi dan Program Profesi Apoteker?


Tips untuk temen-temen S1 Farmasi bau tanah profesi apoteker, selamat berjuang! Selama kuliah cari ilmu sebanyak-banyaknya. Pertajam skill dan sofskill, itu akan sungguh berguna di dunia kerja. Kalau alhasil tidak cocok dengan planning yang udah kalian susun sebelumnya, itu gapapa. Kalian telah berupaya, telah berdoa itu adalah jalan terbaik dari Tuhan. Jalani dengan penuh tanggung jawab. Ingat bila kata dosen saya, profesi apoteker itu bukan untuk jadi orang kaya tapi jadi orang bermanfaat.


Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Bagaimana harapan kerja dari apoteker?


Prospek kerjanya luas banget. Mulai dari observasi, mampu masuk ke LIPI. Bisa juga ke industri jika suka formulasi. Kalau mau ke pemerintahan di BPOM dan BNN bagian pengawasan peredaran obat,  jika suka ngomong atau berinteraksi dengan orang mampu ke bidang klinik dan komunitas di rumah sakit, apotek, klinik. Ranah farmasi juga luas meliputi obat-obatan, kuliner, kosmetik dan skin care. Ini bisa jadi potensi dan tantangan bagi apoteker di bidang apapun, misal yang hendak wirausaha bisa buat skin care sendiri itu ada ilmunya di farmasi itu dipelajari.


Harapan dan rencana ke depannya?


Berbeda dari rencana sebelumnya waktu kuliah, dahulu cita-citanya pengen kerja di industri tapi takdirnya berkata lain. Akhirnya berkecimpung di bidang klinik dan komunitas, dan itu gak masalah selama kita enjoy dan bemanfaat. Untuk harapan jangka panjang, alasannya udah berkecimpung di dunia farmasi pelayanan jadi suka dan merasa ini yang saya butuhin. Lama-usang kepikiran untuk buka apotek sendiri.


Q&A



  1. Gelar profesi apoteker itu apa ka?


Gelarnya kaya dokter gitu jikalau sarjana kan disimpennya di belakang nama ya, contohnya Aliyah, S.Farm. kalau gelar apoteker itu di depan nama, Apt Nur Aliyah, S.Farm. Itu tandanya udah punya kompetensi untuk melakukan pekerjaan kefarmasian, mulai dari penelitian, hingga ke pelayanan pada penduduk . Udah ada lisensinya secara sah di mata negara dan Kementrian Kesehatan.


Kode konten: C221



Sumber we.com


EmoticonEmoticon