Senin, 08 Juni 2020

S2 Pgpaud Upi (Ririn)

Halo sobat intipers! Aku Ririn Hunafa Lestari, aku lulusan S2 PGPAUD UPI. S1nya juga sama PGPAUD UPI. Kali ini saya ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi sobat-sahabat yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah postingan ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu postingan ini sebelum mengajukan pertanyaan. Kalian juga mampu nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini


Secara biasa , jurusan S2 PGPAUD UPI itu seperti apa?


Pembelajaran S2 PAUD di UPI itu nyaris sama kaya waktu PGPAUD di S1, hanya kita memperdalam lagi. Kalau di S1 kita cakupannya masih nasional, tapi jikalau di S2 kita memperdalam lagi. Di S1, mungkin kita jika nyaris buku itu yang terjemahan, bila S2 kita memang mesti mencari buku yang ditulis penulisnya pribadi. Kita bener-bener memperdalam ilmu di PAUD. Mata kuliahnya sama sih, hanya konten mata kuliahnya lebih dalam dan menggali ilmu dari luar. Kaprikornus, tidak ada mata kuliah yang berbeda jauh secara signifikan. 


Bagi kalian yang ingin mendapatkan informasi jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Apa yang jadi argumentasi masuk jurusan S2 PGPAUD UPI?


Semenjak S1, dari dosen ada dorongan untuk lanjut ke S2. Kalau di jurusan kita, jadi lulusan yang banyak dicari. Saya mencicipi saat di awal masuk S2 saja lowongan itu sungguh banyak, jadi aku melihat potensi yang besar. Banyak universitas yang mempunyai jurusan PGPAUD itu butuh dosen lulusan S2 yang bener-bener linear. 


Apa mata kuliah dan peran yang khas dari PGPAUD UPI?


Di S2, mata kuliahnya itu hampir sama dengan S1. Bedanya kalau S1 lebih spesifik, S2 lebih global. Misalnya mata kuliah bermain dan kemajuan anak, di S1 kita membahas pertumbuhan bahasa anak mirip apa, pertumbuhan kognitif mirip apa, dsb. Sedangkan, jikalau di S2 kita udah Bener-bener meliputi keseluruhannya, dengan konten yang lebih luas, gak cuma secara nasional namun internasional. 


Praktik di S2 niscaya berbeda dengan S1. Kalau S1 lazimnya observasi ke TK, sedangkan jikalau S2 kita mengaplikasikan ilmu yang diterima ke guru. Misalnya, aku pernah di salah satu mata kuliah bermain dan pertumbuhan anak, tugasnnya itu aku mesti membuat workshop untuk guru-guru. Jadi hal yang telah kita pelajari di S2, dan telah didapat di S1 kita gabungkan dan aplikasikan untuk diberikan kepada guru. Misalnya, kita nemu satu hal yang baru di luar, terus kita terapin di Indonesia itu mampu atau enggak. Makara, kita memberikan dan terapkan hal itu kepada guru, nanti dari guru diterapkan ke anak. 


Pembelajaran di S2 itu lebih banyak membedah jurnal internasional, alasannya targetnnya itu lebih bisa menglobal. Ketika kita punya satu duduk perkara kita bisa cari solusinya dengan melihat tumpuan dari negara lain. Karena dosen kita itu banyak lulusan dari mancanegara, sehingga banyak juga dos tamu dari luar negeri yang menyebarkan ilmu dengan kami. Terkadang kita membedah tapi kita juga diskusi dengan dosen tamu juga. 


Adakah fokus atau kelompok keahlian di jurusan ini?


Di S2 udah gak ada, lazimnya lebih ke minat. Misalnya, saya lebih seneng tentang keterlibatan ayah dengan pendidikan anak usia dini. Kaprikornus kita udah mengerucut ke bidang atau konsentrasi yang akan kita tekuni dan minati masing-masing.  


Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?


Proses registrasi S2 berlawanan dengan S1, kalau S2 itu hampir sama jurusan S2 lain yang di UPI. Kita tetep mengikuti tes bahasa Inggris dan psikotes. Jadwal tesnya sendiri biasanya dimulai dari sekitar bulan Mei. Info lebih lanjut bisa search aja sekolah pascasarjana PAUD UPI. 


Ada tips buat mahasiswa gres jurusan ini?


Ketika kalian ingin berguru lagi ilmu wacana PAUD, lebih baik lanjut ke S2. Kita akan lebih diperkenalkan lagi dengan ilmu-ilmu yang tidak ditemukan di S1. Kalau ingin lebih dan punya mimpi silakan masuk ke S2 UPI. Dari sisi pembelajarannya pun lebih memperdalam lagi yang kita pelajari. Misalnya, S1 itu dasarnya aja, S2 itu kita mencari maknanya. Peluang untuk menjadi lebih baik itu sungguh banyak, terutama di Indonesia. Di aneka macam kawasan bener-bener membutuhkan lulusan yang linear PGPAUD. Kalau aku berkhayal tidak hanya menjadi guru, tetapi menjadi guru dari kandidat pendidik. 


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Bagaimana harapan kerja dari alumni jurusan ini?


Prospek kerja lulusan S1 itu lazimnya jikalau tidak jadi guru itu jadi pengelola PAUD. Bisa mengorganisir kurikulum, tata kelola PAUD, baik itu media, pembelajaran dan sistem. Kalau untuk S2, mampu jadi dosen. Ketika kita telah punya konsentrasi kajian, kita bisa menjadi istilahnya penasihat dari TK saat guru-guru perlu untuk dibimbing. Kemudian, bisa menjadi pembicara dan ada yang jadi PNS dan menaungi satu organisasi untuk PAUD dalam lingkup ASEAN. 


Harapan dan rencana ke depannya?


Kalau untuk jangka pendek, ketika kita udah lulus S2, mencari pekerjaan dengan menjadi dosen, mengajar, melaksanakan penelitian. Untuk jangka panjang, aku menyaksikan harapan di jurusan ini, ingin lanjut S3 alasannya adalah masih minim juga yang linear dari PGPAUD dari S1 hingga S3nya. 


 


Kode Konten: C277



Sumber we.com


EmoticonEmoticon