Minggu, 07 Juni 2020

Teknik Fisika Itb (Nawwaf)

Halo sahabat intipers! Aku Nawwaf Zahra jurusan Teknik Fisika ITB angkatan 2019. Kali ini saya ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang saya ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi sobat-sahabat yang akan bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu postingan ini sebelum bertanya.


Secara biasa , Jurusan Teknik Fisika ITB itu mirip apa?


Kalau teknik fisika sih mungkin orang-orang masih banyak yang kurang familiar ya sama jurusannya karena teknik fisika di Indonesia sebenernya gak banyak univeristas yang punya teknik fisika, dan orang-orang tuh biasanya sering galau bedanya teknik fisika dan fisika. Bedanya fisika dan teknik fisika itu jika fisika itu kan jurusan yang mempelajari perihal fisika murni, jadi ilmu fisis yang ada di alam sementara teknik fisika sendiri sebenernya kita mempelajari urusan-masalah engineering tapi kita berusaha memecahkan duduk perkara tersebut memakai ilmu fisika.


Bagi kalian yang ingin mendapatkan isu jurusan dan masuk sekolah tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


bila teknik fisika sendiri sebenernya itu salah satu engineering yang sangat luas sebab memang kita berguru faktor-aspek keilmuwan dari ilmu engineering lainnya. Kaprikornus di teknik fisika itu ada ilmu teknik elektronika, teknik informatika. Terus ada juga kita mencar ilmu ilmu dari teknik sipil, jadi bener-bener kombinasi dari ilmu engineering yang lain, dan bila arti jurusan teknik fisika yang dahulu pernah diajarin waktu saya masih ospek, salah satu pendiri teknik fisika sebenernya teknik fisika itu ilmu yang menjembatani antara keilmuwan sains dengan keilmuwan engineering.


Apa yang jadi argumentasi masuk Jurusan Teknik Fisika ITB?


Aku dahulu sebenernya kepincut sama keilmuwan teknik dirgantara, terus aku ingin mempelajari sesuatu yang gak eksklusif konsentrasi, karena jika kita menyaksikan perteknikan sudah fokus ke satu bidang aja kaya teknik dirgantara, aku ingin belajar sesuatu yang luas karena kan sebenernya aku juga merasa di kala depan bisa aja impian berubah dan kesudahannya aku ketemu sama teknik fisika, baca-baca dan ternyata teknik fisika adalah teknik yang sangat luas dan teknik fisika itu adonan dari ilmu engineering yang lain, jadinya aku menetapkan untuk ngambil teknik fisika karena ilmu yang sangat potensial sebab ilmu yang mampu dikembangkan, misal bisa lanjut ke teknik sipil, teknik mesin, bener-bener sangat fleksibel sebenernya.


Apa mata kuliah dan peran yang khas dari jurusan ini?


Karena tadi saya udah sempet bilang ya, kalau teknik fisika itu banyak ngambil dari jurusan lain, jadi sebenernya mata kuliah kita itu isinya ya kita kaya nyomot-nyomot dari jurusan lain, ada mata kuliah-mata kuliah dari teknik sipil, teknik elektronika, teknik informatika, terus peran-tugasnya juga sama sih, misalnya jika misalkan tahun ini di semester 3 dan 4 kemarin, kita ada maata kuliah mekanika teknik, mekanika fluida, ada metode akal dan digital, belajar komputasi dan bahasa jadi mencar ilmu koding-koding juga. 


Adakah fokus atau golongan keahlian di Teknik Fisika ITB ?


Ada empat kelompok keahlian, jadi jikalau di teknik fisika ITB itu  yang pertama ada kelompok keterampilan fisika bangunan, instrumentasi dan kontrol, teknik fisika, sama kalangan kemampuan material fungsional laju. Masing-masing golongan kemampuan itu ada laboratoriumnya sendiri, nanti jikalau udah masuk tahun ketiga bisa memilih salah satu dari laboratorium tersebut, jadi semoga nanti keilmuwan kita itu lebih konsentrasi lagi. 


Kalau kalangan keahlian teknik fisika itu mereka membicarakan wacana material dan energi seperti tadi ada pemrosesan material, lab material. Kemudian kelompok kemampuan material fungsional laju itu membicarakan perihal ilmu-ilmu nano teknologi, terus jikalau di fisika bangunan itu ilmu perihal bangunan, jadi nanti berkaitan sungguh akrab dengan keilmuwan yang ada di teknik sipil. Kemudian instrumentasi bangunan itu fokusnya ke otomasi, investment in technology


Kalau laboratorium ada fisika bangunan, instrumentasi medik,  lab ai control and automation, terus ada lab instrumentasi kontrol dan decision metode, dan ada lab material fungsional maju, lab pemrosesan material, lab komputasi material, sama lab manajemen energi.


Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?


Kalau di teknik fisika sama sih sama jurusan yang lain, ada tiga jalur masuk adalah ada SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Di ITB itu beda ya, ketika kita mendaftar ke ITB itu kita daftarnya tuh bukan ke jurusan tetapi ke fakultas. Teknik fisika itu masuknya ke fakultas teknologi industri. Jadi waktu itu aku daftarnya ke fakutas teknologi industri. Teknik fisika itu mampu dikatakan jurusan yang spesial di ITB alasannya itu masuk ke jurusan peminatan. Jurusan peminatan itu karenanya kita mampu pribadi daftar ke jurusan itu gak ke fakultas dulu. Jadi kita gak masuk dulu ke TPB. Waktu jaman saya, jurusan peminatan itu mampu diambilnya jikalau masuk melalui jalur SNMPTN sama Mandiri.


Ada kiat buat mahasiswa baru Teknik Fisika ITB?


Tipsnya jangan terlalu takut sama pelajaran, praktikum dan kegiatannnya. Ketika pertama kali saya juga bertanya-tanya ini apa? Kok membingungkan sekali, mata kuliahnya juga kan aku gres tau, tetapi ya namanya juga kuliah kan ya jadi kita harus berguru yang sangat sunggu karena udah beda kan sama Sekolah Menengan Atas, bila kalian gak ngerti jangan takut mengajukan pertanyaan, karena kita disini sama-sama lagi berguru, disini terbuka banget dan dosen-dosennya pun sungguh terbuka jika misalkan kita pengen konsultasi diluar jam kuliah misalkan kita kesulitan sama soal.


kegiatan sosial masyarakat yg diadain Kabinet KM ITB tahun kepengurusan 2019-2020

aktivitas sosial penduduk yg diadain Kabinet KM ITB tahun kepengurusan 2019-2020


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Bagaimana harapan kerja dari alumni jurusan ini?


Prospek kerjanya snagat luas ya, alumni teknik fisika ITB ada yang jadi mentri, jadi dirut di pertamina, bener-bener seluas itu. Kalian juga bisa jadi engineer, bisa jadi produk engineer, atau engineer manajer, atau mungkin yang suka pemrograman bisa jadi programmer, software engineer, bisa jadi data analyst.


Apa keinginan dan planning setelah lulus?


Kalau planning aku pengen lanjut S2, sebenernya masih gundah sih bidang yang mau diambil. Sampai kini saya masih kepincut mengambil erasmus engineering, tapi gatau juga apakah itu akan menjadi kenyataan, masih ada dua tahun lagi untuk berpikir-pikir lagi. 


Q&A



  • Dulu masuk jalur apa kak?


saya masuk jalur SBMPTN


Kode konten: C377



Sumber we.com


EmoticonEmoticon