Minggu, 02 Agustus 2020

Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (Gilang)

Hai rekan – rekan intipers ! Gimana kabar kalian di era pandemi ini ? Semoga sehat dan senang senantiasa ya ! Untuk rekan – rekan intipers jangan lupa untuk selalu basuh tangan, menggunakan masker, dan jaga jarak dikala berada di luar rumah semoga penularan COVID-19 mampu diminamilisir, pada dasarnya tetap patuhi protokol kesehatan dimanapun kalian berada. Oke, langsung saja, perkenalkan nama saya Gilang Ilham Mahendra, rekan – rekan intipers boleh banget panggil aku Gilang. Saat ini, aku merupakan mahasiswa aktif jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / UM, angkatan 2017. Bisa dikatakan saat ini saya sedang berada di semester 7 dan sedang merencanakan skripsi. Nah itu dia perkenalan singkat dari aku, berikutnya aku akan bahas jurusan yang sedang aku tekuni saat ini. Makara simak baik – baik dan kalau ada saran atau pertanyaan kalian coba beri komentar di bawah ya !


Di Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang belajar apa aja sih ?


Menurut intipers apa yang terbesit pertama kali ketika mendengar jurusan Teknologi Pendidikan ? Banyak belajar soal komputer, seperti jurusan IT, lulusannya jadi guru TIK ? Sebenernya nggak seratus persen salah, saya coba meluruskan ya, secara garis besar, jurusan Teknologi Pendidikan di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan ini mempelajari hal – hal yang berkaitan dengan memecahkan duduk perkara – dilema yang ada di bidang pendidikan, terutama dalam hal pembelajaran. Seru banget nggak sih, seru banget kan ya ! Nah disini kalian mampu fokus untuk belajar soal kurikulum, media teknologi info komunikasi, aktivitas pelatihan, hingga bagaimana kita mampu menolong orang lain semoga mampu berguru dengan seefektif dan seefisien mungkin.


Intinya di jurusan Teknologi Pendidikan ini kita diharapkan bisa memfasilitasi mereka – mereka yang sedang berguru, yang mana dalam memfasilitasi mereka juga dengan mengamati kebutuhan, tujuan yang ingin diraih, serta sumber daya yang tersedia. Keren kan ? Makara jurusan Teknologi Pendidikan beda ya dengan jurusan IT lainnya. Sampai sini udah paham dong gambaran jurusan Teknologi Pendidikan ? Yuk lanjut simak selanjutnya.


Apa aja sih mata kuliah yang dipelajari di jurusan Teknologi Pendidikan UM?


Untuk mata kuliah yang dipelajari selama delapan semester sungguh beragam dan mampu dikelompokkan dalam berbagai macam mata kuliah. Kaprikornus di jurusan Teknologi Pendidikan ada mata kuliah pengembang kepribadian, mata kuliah keilmuan dan keterampilan, mata kuliah kemampuan berkarya, mata kuliah perilaku berkarya, sampai mata kuliah berkehidupan bermasyarakat. Kemudian untuk nama – nama mata kuliah yang sekiranya khas dan bisa saya sebutkan contohnya mirip model pengembangan kurikulum, pengembangan multimedia pembelajaran, administrasi program diklat, lingkungan belajar, pengembangan SDM, mencar ilmu dan pembelajaran, komunikasi massa, psikologi pendidikan, manajemen pembelajaran, videografi, fotografi, model dan taktik pembelajaran, pembelajaran berbasis online dan masih banyak lagi.


For your information aja nih untuk rekan – rekan intipers, itu nama – nama mata kuliah yang pernah aku tempuh di kurikulum angkatan saya, untuk angkatan modern di bawah saya nama mata kuliahnya jauh lebih keren dan kekinian, mirip administrasi pengetahuan, seamless learning, psikologi visual dan lain – lain. Jujur, aku pribadi ingin sekali merasakan mata kuliah kurikulum modern, tapi apa daya aku mesti segera lulus hehehehe.


Tugas Perkuliahan


Nah untuk peran mata kuliah, selama saya menjalani proses perkuliahan di jurusan Teknologi Pendidikan berdasarkan aku tugas – tugas tersebut berhubungan dan bisa dikatakan sungguh berkesan, ada peran – tugas biasa mirip presentasi dan menciptakan makalah dan juga ada yang bersifat praktik. Berikut ini aku uraikan acuan tugasnya yang bersifat praktik / berbau kemampuan.


Pertama, di mata kuliah multimedia pembelajaran, disini peran yang diberikan mampu dijadikan protofolio langsung kita, jadi tugasnya seperti menciptakan media pembelajaran dengan berbagai macam aplikasi dan materi yang pastinya kita jadi lebih tau teknologi terkini untuk kebutuhan pembelajaran.


Kedua, di mata kuliah administrasi program diklat, disini peran yang pernah saya lakukan yakni mengadakan kegiatan pelatihan secara daring. Mulai dari merencanakan kebutuhan pembinaan hingga penilaian aktivitas pelatihan, jujur tugas – peran tersebut benar – benar sungguh mengesankan untuk saya selama saya berguru di jurusan Teknologi Pendidikan. Gimana masih sanggup untuk menyimak pembahasan selanjutnya kan.


Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang

Praktik fotografi


Ada konsentrasi apa aja di jurusan Teknologi Pendidikan UM?


Di jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang, setidaknya tersedia dua konsentrasi yang dapat ditekuni salah satunya. Berdasarkan pengalaman saya, konsentrasi ini dapat diseleksi ketika masuk di semester lima. Jadi pertama, ada konsentrasi kurikulum, hal – hal yang dipelajari berkaitan dengan pengembangan kurikulum, penilaian kurikulum, perbandingan kurikulum, sampai kurikulum muatan setempat. Konsentrasi kurikulum ini lebih berkonsentrasi pada praktik mendesain kurikulum untuk di forum pendidikan formal. Kedua, ada fokus diklat (pendidikan & pelatihan), hal – hal yang dipelajari berhubungan dengan pengelolaan training, pengembangan SDM, hingga evaluasi training. konsentrasi diklat ini lebih berfokus pada praktik mendesain pelatihan untuk pengembangan SDM. Wah menarik kan ! Oke kita lanjut.


Tips untuk Mahasiswa Baru dan kandidat Mahasiswa Baru di Jurusan Teknologi Pendidikan


Untuk kalian yang kesengsem ataupun sedang menjalani perkuliahan di jurusan Teknologi Pendidikan, kiat yang ingin saya sampaikan yakni pertama jangan pernah berhenti untuk belajar, pelajari ilmu – ilmu & keahlian baru. Kalian mampu banget coba ikutan workshop atau aktivitas ilmiah yang berkaitan dengan teknologi pendidikan. Kalian yang udah mahasiswa boleh ikutan organisasi / komunitas yang kalian minati. Kedua, sering – seringlah untuk membaca menulis. Kalian mampu sedikit – sedikit bangun kebiasaan membaca artikel / jurnal / penelitian yang berhubungan dengan teknologi pendidikan. Dengan begitu wawasan kalian juga semakin luas, alasannya kenangan insan kadang tidak tepat, kalian bisa coba tulis atau buat ringkasan dari apa yang kalian baca.


Ketiga, kalian perlu melek teknologi. Kenapa? Karena kita akan dipersiapkan untuk jadi fasilitator pembelajaran jadi kita harus lebih dulu paham dengan teknologi terkini, sebelum terjun ke pembelajar. Keempat, senantiasa peka. Artinya peka terhadap kondisi sekitar, peka terhadap informasi / kemajuan terkini. Kaprikornus kita bisa lebih fleksibel, lebih bisa menyesuaikan diri dengan baik jangan hingga kita ketinggalan berita terkini. Terakhir, tanamkan kecintaan kalian untuk dunia pendidikan, kecintaan kalian dengan jurusan Teknologi Pendidikan. Makara saat nanti kalian menjalani perkuliahan kalian mampu lebih enjoy dan lebih bisa bertanggungjawab. Mungkin itu saja kiat yang bisa saya sampaikan untuk kalian, jadi mari kita lanjut.


Prospek kerja dan alumni jurusan Teknologi Pendidikan


Berdasarkan acuan aku, mampu dibilang untuk harapan kerja lulusan dari jurusan Teknologi Pendidikan ini sangat luas dan beragam. Kenapa? Karena selama perkuliahan kita sudah mencar ilmu banyak hal. Belajar banyak disiplin ilmu. Prospek kerja dan lulusannya mampu melakukan pekerjaan di bidang pendidikan maupun di luar pendidikan. Contohnya untuk di bidang pendidikan, bisa melakukan pekerjaan selaku perancang, pengembang, pengelola kurikulum, kemudian mampu selaku pengembang media pembelajaran, pengembangan lingkungan belajar berbasis ICT, pengembang e-learning baik di lembaga pemerintahan maupun swasta. Kemudian untuk bidang luar pendidikan, mampu bekerja selaku fasilitator training, perancang pelatihan, baik di forum pemerintahan maupun swasta, bahkan mampu juga bekerja di lembaga media massa atau di perusahaan start up sekalipun juga mampu utamanya di bidang pengembangan SDM. Kemudian bila berwirausaha mampu di bidang training atau pengembangan media, bahkan bidang fotografi dan videografi. Gimana, luas sekali kan prospek kerja lulusan jurusan Teknologi Pendidikan ?


Harapan aku sehabis lulus


Sedikit lagi saya tamat. Setelah lulus, saya memiliki harapan untuk mampu berkarir di bidang yang pastinya masih serumpun dengan Teknologi Pendidikan. Saya eksklusif tertarik berkarir di perusahaan swasta atau di forum pemerintahan di bidang pengembangan SDM terutama dalam merancang dan mengelola pelatihan karena sesuai dengan fokus aku ketika ini dan aku juga berharap apa yang saya kerjakan di sepanjang perjalanan karir aku nanti dapat mempunyai pengaruh baik serta bermanfaat bagi orang banyak khususnya untuk bidang pendidikan. Tolong do’akan aku ya rekan – rekan intipers ! Terima kasih banyak sudah menyimak tulisan saya, semangat untuk kalian.


Kode konten: X443



Sumber we.com


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)