Halo Intipers. Perkenalkan saya Pressilia Yusa Pramesti, alumni mahasiswa FKIP jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta (PGSD UMS) angkatan 2015. Disini aku ingin membagikan pengalaman kuliah aku selama 4 tahun di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Yuk, simak pengalaman saya!
Bagi teman-sobat yang hendak bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah postingan ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu postingan ini sebelum bertanya.
Apa yang dipelajari di PGSD UMS?
Banyak sekali yang dipelajari di jurusan ini. Seperti rancangan dasar IPA, Matematika, PKN, IPS, Bahasa Indonesia seperti mata pelajaran yang terdapat di SD. Selain itu, juga diajarkan tentang psikologi Pendidikan, filsafat Pendidikan, tutorial konseling untuk siswa SD, manajemen sekolah, kepramukaan, strategi dan media pembelajaran yang tepat digunakan bagi siswa Sekolah Dasar dan juga terdapat mata kuliah embel-embel mirip kesenian (tari dan karawitan), seni musik, seni rupa, kebudayaan, dan olahraga. berdasarkan saya jurusan PGSD ini yakni jurusan yang unik. Karena prodi ini mempelajari berbagai keilmuan. Sehingga mengakibatkan mahasiswa PGSD ini menjadi mahasiswa yang sibuk dan padat. Ohiya, dulu awal masuk kuliah sering dikatakan orang jikalau jurusan PGSD itu mudah. Cuma melajarin pelajaran anak Sekolah Dasar saja. Opini tersebut berlanjut hingga aku lulus. Padahal, realitanya sungguh jauh dari ekspetasi dan bahkan lebih sukar dari sekedar pelajaran anak SD.
Bagi kalian yang ingin menerima informasi jurusan dan masuk perguruan tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini
Mata kuliah PGSD UMS dan Dosen favorit?
Dari beberapa mata kuliah yang dipelajari di atas, terdapat mata kuliah dan peran yang khas di PGSD. Yakni praktikum (simulasi mengajar) dan membuat media pembelajaran yang bagus dan menawan untuk siswa Sekolah Dasar. Hampir setiap mata kuliah senantiasa ada simulasi mengajar beserta media pembelajarannya. Contohnya di mata kuliah konsep dasar IPA seorang mahasiswa ingin mengajarkan materi ihwal perkembangbiakan hewan, di dalam konteks ini mahasiswa tidak hanya sekedar mengajarkan/memberikan materi kepada siswa secara mulut saja, namun dituntut bagaimana cara mengajarkan dengan baik yang mampu menarik perhatian dan konsentrasi belajar siswa dengan berbagai perbedaan karakteristik yang dimiliki siswa SD, media pembelajaran serta seni manajemen apa yang sesuai untuk siswa yang hiperaktif, pendiam, atau sulit dalam menerima pelajaran.
Selain itu, microteaching juga makul wajib bagi mahasiswa PGSD. Dalam makul ini, seorang mahasiswa diberi kesempatan simulasi praktek mengajar yang cuma diberikan waktu 15 menit di ruangan yang hanya terdapat 15 mahasiswa. Mahasiswa memilih materi sesuai dengan mata pelajaran anak Sekolah Dasar dari kelas 1 sampai kelas 6 dan menciptakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta media pembelajaran yang wajib. RPP adalah sejenis perangkat pembelajaran yang wajib bagi calon guru, sebab RPP ini menampung tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
Mata kuliah dan dosen favoritku di UMS ialah mata kuliah seni musik yang diampu oleh Ibu Annisa. Karena makul ini kalem namun asyik dan tidak membuat jenuh. Contohnya, ada salah satu tugas untuk mengaransemen lagu dengan barang-barang bekas. Misalnya, baskom, botol, kaleng, dll yang bisa menghasilkan bunyi. Terlebih jika yang kegemaran musik pasti suka sekali makul ini.
Konsentrasi di Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS?
Seperti namanya. Di jurusan ini lebih fokus/fokus mengenai bagaimana mengetahui siswa terkhususnya siswa Sekolah Dasar. Mendalami banyak sekali huruf anak yang berlawanan-beda. Bagaimana cara mengajar, memberikan materi agar betul-betul siswa nanti akan sungguh-sungguh mengerti apa yang disampaikan oleh gurunya. Misalnya, dikala seorang guru mengajar maka guru dihadapkan dengan aneka macam sifat dan aksara anak. Seperti anak yang pendiam, pemalu, tidak berani mengutarakan pendapat/enggan mengajukan pertanyaan, hiperaktif, susah untuk mengetahui apa yang sudah diajarkan. Dengan hal tersebut, maka guru harus memilih taktik pembelajaran apa yang cocok dengan masing-masing karakter yang dimiliki siswanya.
Tips-kiat untuk adik-adik Maba PGSD UMS
Tips untuk maba PGSD, pertama kalian mesti banyak berguru, cari tumpuan, baca buku perihal psikologi anak, Pendidikan huruf ataupun yang lain yang bekerjasama dengan anak dan strategi pembelajaran apa yang sempurna dipakai. Terutama usia anak SD. Karena ini ialah bekal utama untuk kalian para kandidat guru. Dan hal ini akan berguna banget dikala kalian magang dan dikala kalian akan mengajar nanti. Ketika kita magang nanti ataupun telah mengajar fakta di lapangan lebih sulit ketimbang sekedar teori. Karena nantinya kita akan berhadapan pribadi dengan siswa dengan aneka macam macam karakternya. Kedua, kalian harus sudah biasa mengontrol waktu dan disiplin mengenai peran. Karena banyak peran yang menanti kalian. Khususnya menciptakan media pembelajaran. Bagi mahasiswa PGSD, media pembelajaran ialah hal yang wajib dibawa dan dibentuk. Hampir setiap makul PGSD menggunakan media pembelajaran. Tak heran jikalau seiap hari selalu ada tugas kalangan yang berlawanan-beda dan membuat waktu cukup tersita. Kaprikornus, nanti buat sekreatif dan sebagus mungkin.
Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini
Prospek kerja dan alumni kerja dimana?
Sebagian besar alumni lulusan PGSD UMS melakukan pekerjaan selaku guru kelas di SD/MI. Ada juga yang sudah menjadi kepala sekolah MI di Jawa Tengah, tentor di lembaga tutorial berguru, dosen.
Harapan dan planning sehabis lulus?
Setelah lulus saya akan melanjutkan sekolah profesi keguruan saya atau PPG (Pendidikan Profesi Guru) kurang lebih selama 1 tahun. Agar ilmu saya terus meningkat dan menambah pengetahuan sehingga nantinya mampu menjadi guru yang professional serta bisa menjadi seorang abdi negara yang turut andil dalam memajukan bangsa, mencetak generasi-generasi pintar, berakhlak mulia, dan memajukan mutu SDM. Harapan saya selanjutnya sesudah lulus sekolah profesi, saya berharap untuk mendapatkan beasiswa pascasarjana dimanapun untuk menigkatkan mutu ilmu yang aku miliki. Serta ingin mendirikan Yayasan sosial dan penyuplaibeasiswa bagi anak-anak yang kurang mampu dan berprestasi.
Kode konten: X379
Sumber we.com
EmoticonEmoticon