Senin, 18 Januari 2021

Relasi Penduduk Upn Yogyakarta (Ayu)

Hallo sobat intip kuliah ! perkenalkan namaku Ayu Larasati mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta program studi Hubungan Masyarakat angkatan 2018. Disini saya akan membuatkan cerita pengalaman saya berkuliah di acara studi kekerabatan masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta. Yuk simak pengalaman aku.


Apa itu jurusan Hubungan Masyarakat UPN Yogyakarta?


Nah, hubungan masyarakat atau yang sering disebut sebagai public relations (PR) ialah program studi baru di UPN “Veteran” Yogyakarta. Dimana program studi Hubungan Masyarakat baru mendapatkan mahasiswa pada tahun pedoman 2018/2019. Jadi ketika ini acara studi tersebut masih memiliki dua angkatan dan akan memasuki tiga angkatan yang hendak berjalan ini. Pada awalnya program studi Hubungan Masyarakat di UPN “Veteran” Yogyakarta ini merupakan salah satu konsentrasi dari jurusan Ilmu Komunikasi. Namun, sebab adanya permintaan perusahaan terkait profesi Humas atau Public Relations dan banyaknya trend mahasiswa  pada saat menjadi konsentrasi barulah dibuka program studi Sarjana Satu Hubungan Masyarakat dan satu-satunya yang ada di Yogyakarta. Program studi tersebut masih di bawah naungan jurusan Ilmu Komunikasi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.


Bagi kalian yang ingin menerima isu jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Mata kuliah di Humas UPN Yogyakarta


Mata kuliah di acara studi relasi penduduk ada berbagai, secara biasa mencakup pengirim ilmu komunikasi, dasar-dasar relasi penduduk , administrasi kekerabatan penduduk , metodologi observasi komunikasi, kampanye korelasi penduduk , community relations, akhlak dasar humas, audit komunikasi, psikologi komunikasi, stakeholder engagement, studi kasus humas, marketing public relations, customer relations, produksi media humas, dan masih banyak lagi. Selain itu, acara studi hubungan masyarakat juga mengajarkan mata kuliah berbasis skill seperti bahasa inggris, public speaking, penulisan naskah humas, negosiasi dan fotografi. Kemudian mata kuliah yang menurut penulis mempesona ialah kampanye relasi masyarakat, administrasi humas dan community relations.


Menurut penulis di mata kuliah kampanye korelasi masyarakat diajarkan berfikir inovatif dalam menyusun rancangan komunikasi kampanye yang menarik. Sebelum praktik membuat kampanye, mahasiswa ditugaskan untuk pengamatan di perusahaan atau organisasi untuk melakukan wawancara ke bab humas atau PR mengenai kampanye yang telah mereka kerjakan. Pada momen ini sungguh berkesan sebab mahasiswa mencar ilmu mengenai kampanye yang bagus ke praktisi atau ahlinya secara langsung. Selanjutnya mata kuliah yang menarik yaitu manajemen relasi masyarakat. Di mata kuliah tersebut diajarkan mengenai peran seorang humas atau PR ketika kelak melakukan pekerjaan di suatu organisasi atau perusahaan. Serta community relations, pada mata kuliah tersebut, mahasiswa diajarkan tentang bagaimana menggait dan memberdayakan komunitas atau masyarakat dalam program perusahaan mirip CSR (Corporate Social Responsibility). Dalam mengetahui desain mata kuliah tersebut, mahasiswa diajak ke suatu daerah tepatnya di perusahaan swasta lalu mahasiswa melaksanakan pemetaan stakeholder.


Dosen favorit


Dosen favorit menurut penulis yakni ibu Siti Fatonah. Beliau mengajar mata kuliah dasar-dasar korelasi masyarakat, pengembangan kepribadian, public speaking, dan beberapa mata kuliah lain. Beliau juga sering sharing mengenai pengamalan menarik dan sungguh mendukung semua progress yang dijalankan oleh mahasiswa . Selain itu, dosen favorit berikutnya adalah bapak Prayudi. Beliau mengampu mata kuliah manajemen kekerabatan penduduk , negosiasi dan penyajian. Wawasan beliau sangat luas, sehingga materi yang diajarkan menjadi gampang diketahui oleh mahasiswa. Kemudian ibu Dewi Novianti, beliau mengampu berbagai macam mata kuliah mirip pengantar penjualan, sosiologi komunikasi, penulisan naskah humas, dan kampanye humas. Wawasan ia juga sangat luas dan cara mengajar yang tidak monoton sehingga bahan yang diterangkan menjadi menarik.


Tips kuliah


Tips untuk mahasiswa baru program studi relasi penduduk . Saya sarankan untuk menjadi mahasiswa yang aktif, kritis, kreatif dan inovatif. Karena aneka macam mata kuliah yang diterapkan menuntut mahasiswa untuk berfikir aktif, kritis, inovatif, dan inovatif. Disarankan juga untuk mengambil kesempatan magang dan mengikuti aneka macam organisasi internal kampus. Seperti BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) tingkat universitas atau fakultas, Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, Kelompok Studi Mahasiswa seperti Lembaga Pers Mahasiswa Sikap Pers dan UPN TV Jogja.


Selain itu, kalau berminat untuk mengasah skill lebih mendalam terkait humas ada juga organisasi di luar kampus berbasis kehumasan yakni PERHUMAS (Perhimpunan Hubungan Masyarakat) Muda Yogyakarta. Disarankan untuk ikut serta dalam persaingan yang berbasis humas. Seperti kontes PR Campaign, lomba Manajemen Krisis, lomba fotografi dan masih banyak lagi. Namun, harus selektif dan menyesuaikannya dengan passion agar tidak keteteran antara akademik maupun non akademik. Dengan mengikuti organisasi maupun kompetisi tersebut sangat bermanfaat untuk diterapkan kelak nanti ketika bekerja. Karena dunia kerja bidang public relations dituntut mempunyai skill yang mumpuni.


Berbagai tantangan ketika menjadi mahasiswa program studi hubungan penduduk yaitu biasanya merasa tidak sesuai dan salah masuk jurusan. Hal tersebut masuk akal alasannya mahasiswa baru masih memasuki fase pembiasaan di perkuliahan. Saran penulis buat siswa-siswi yang mau mendaftar kuliah lebih baik riset dan mencari tahu perihal jurusan yang mau diambil apalagi dahulu supaya tidak merasa salah jurusan.


Prospek Pekerjaan Jurusan Humas


Prospek kerja dari acara studi korelasi penduduk ini sungguh luas sekali, alasannya lulusan korelasi masyarakat bisa fleksibel melakukan pekerjaan di berbagai sektor. Lulusan korelasi masyarakat kelak bisa bekerja di sektor pemerintahan, perusahaan swasta, perusahaan berbasis profit maupun non-profit, akademisi, praktisi, PNS dan bahkan mampu menjadi entrepreneur. Saat ini prodi kekerabatan penduduk UPN “Veteran” Yogyakarta masih gres oleh alasannya itu belum memiliki alumni. Namun, kalau menilik alumni jurusan ilmu komunikasi konsentrasi public relations (korelasi penduduk ) berbagai alumni tersebut melakukan pekerjaan sebagai dosen, praktisi public relations, marketing communication di hotel, marketing communication dan public relations di bank, PR di perusahaan pertambangan, bekerja di berbagai media, dan masih banyak lagi.


Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Harapan sesudah lulus


Kelak sesudah lulus dari program studi hubungan masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta saya ingin bekerja menjadi bab PR (public relations) di sektor pemerintahan. Sebelumnya, saya juga berniat untuk mengambil magang di pemerintah kawasan. Namun, aku juga ingin meningkatkan skill kehumasan dengan mengikuti banyak sekali pelatihan dan workshop alasannya adalah saat ini banyak tuntutan untuk menjadi PR yang profesional.


Kode Konten: X189



Sumber we.com


EmoticonEmoticon