Sabtu, 29 Februari 2020

Pandangan Risiko Kepada Penyediaan Dan Pengelolaan Tenaga Kerja Dalam International Joint Venture Pada Proyek Infrastruktur

ABSTRAK


Risiko kontraktor akibat penyediaan dan pengelolaan tenaga kerja ialah tantangan pada international joint venture (IJV) pada proyek alasannya adalah tenaga kerja domestik dan ajaib dengan latar belakang dan pola pikir yang berlainan mesti melakukan pekerjaan sama di dalam aliansi yang gres untuk meraih tujuan proyek.



Makalah ini membahas pandangan kepada faktor risiko penyediaan dan pengelolaan tenaga kerja lewat suatu studi perkara pada suatu proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia yang dikerjakan oleh dua mitra yang bergabung di dalam suatu IJV.


Data dikumpulkan dengan melaksanakan survei lewat sebuah kuesioner yang diisi oleh tenaga kerja kedua kawan tersebut. Hasil observasi mengenai pandangan ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan antara persoalan penyediaan dan pengelolaan tenaga kerja yang dihadapi oleh mitra gila, kawan domestik serta aneka macam level administrasi dalam IJV.


Perbedaan ini terutama terdeteksi melalui pandangan mereka kepada urusan yang terkait dengan peraturan dan perizinan, wawasan dan pengalaman kerja, serta kompensasi/reward. Adanya indikasi perbedaan pandangan antar mitra dan antar level administrasi tentang faktor risiko yang berpeluang merugikan kontraktor mampu mempengaruhi kinerja joint venture yang harus dicerminkan oleh mutu kerja, produktivitas kerja, dan korelasi kerja.


Identifikasi pandangan responden ini berikutnya dapat dimanfaatkan untuk merancang mitigasi kepada risiko kerugian yang dihadapi IJV pada proyek akhir pengadaan dan pengelolaan tenaga kerjanya.


Untuk paper selengkapnya silahkan donwnload lewat : Link Download



Sumber we.com


EmoticonEmoticon