Halo teman intipers! Aku Daffa Novembry dari Manajemen Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2017. Kali ini saya ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang saya ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi sobat-sobat yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah postingan ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dahulu postingan ini sebelum bertanya. Kalian juga mampu nonton model videonya melalui link berikut. Klik
Secara biasa , jurusan Manajemen Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mirip apa?
Mempelajari mengenai manajemen dan pendidikan, karena manajemen dan pendidikan ialah dua disiplin ilmu dimana jurusan ini kita di fokuskan mempelajari manajerial di sektor pendidikan, adapun mata kuliah yang ada sangat beragam sekali dan itu memang difokuskan dalam bidang administrasi, manajemen sarana prasarana, administrasi kurikulum, manajemen sumber daya insan, jadi kita mempelajari dua konteks dan dua konten, administrasi dna pendidikan, kita lebih di arahkan pada bagaiamana kita menertibkan, mengurus, bagaiaman kita sesuai fungsi administrasi adalah POAC rencana, organizing, actuating, controlling, kita difokuskan untuk mengatur dan mengorganisir pendidikan, seperti pendidikan sekolah maunpun non sekolah.
Bagi kalian yang ingin menerima berita jurusan dan masuk perguruan tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini
Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?
Alasan menentukan jurusan, saya itu dahulu backgroundnya Sekolah Menengah kejuruan jurusan penjualan, dimana kompetensinya difokuskan pada bidang manajemen bisnis. Nah ketertarikan saya dalam bidang pendidikan ingin berkuliah di jurusan pendidikan, tetapi aku tak mau melalaikan ilmu aku dikala di Sekolah Menengah kejuruan. Jrusan saya dulu manajemen dan konsetrasinya pemasaran. Kaprikornus saya memilih jurusan di kuliah yang satu linear dengan jurusan di SMK, tetapi sesuai pasion aku dalam pendidikan. Kemuadian saya combine aja keduanya jadi administrasi pendidikan.
Kedua aku menyaksikan pendidikan indonesia masih dalam proses kemajuan, kualitas pendidikan belum merata. Baru mampu di lihat di kota saja, di desa plosok masih menjadi permasalahan pendidikan indonesisa. Itu telah menjadi peranan saya menjadi anak bangsa untuk konsentrasi di pendidikan dan memberikan gerakan-gearakan yang mungkin tidak besar namun bisa memberikan aktivitas dalam bidang pendidiakan.
Alasan ke tiga tentunya saya ingin terjun di bidang pendidikan secara eksklusif, saya kepincut pendidikan hebat, pendidikan penduduk yang menjadi lingkup pendidikan, impian aku mempunyai yayasan pendidikan, rumah talenta untuk belum dewasa terlantar, disabilitas yang tidak mempunyai pendidikan formal dan non formal, menunjukkan pendidikan yang pantas, membangun yayasan atau lembaga pendidikan menjadi cita-cita aku bagi anak-anak yang kurang bisa.
Apa mata kuliah dan peran yang khas dari jurusan ini?
Seru banget, diawal saya rada takut kalo mata kuliahnya menjemukan, tapi selam 7 semester kuliah, aku menerima mata kuliah yang mumngkin tidak ada di jurusan lain, di majemen murni tidak ada, mata kulaih mirip manajemen sarana dan prasarana, manajemen bimbingan dan konseling, manajemen kurikulum, manajemen keuangan, manajemn penjualan jasa pendidikan, mata kuliah yang menciptakan saya makin kesengsem mempelajarinya, karena secara biasa mempelajari manajemen dan pendidikan. Hal unik tidak hanya dituntut mengerti manajerial di dunia pendidikan, kita juga diajarkan bagaimana kita selaku pengurus pendidikan bisa menciptakan RPP, menganggap dan menganalisa yang nanti dibentuk oleh guru, kemudain kita diajarkan bagaiaman cara mengajar di kelas, administrasi kelas, bagaimana guru menerapkan 4 kompetensi, sosial, profesional, pedagogik dan pribadi.
Kita betul-betul diajarkan tidak cuma menganggap dan mengevaluasi namun berperan menjadi guru. Kemudian di jurusan ini diminta untuk bagaimana supaya kita bisa menciptakan dan merancang media pembelajaran, alasannya adalah ada mata kuliah media dan teknologi pendidikan, salah satu mata kuliah yang seru, sebab dalam satu semester, pertama dalam ulangan harian saya diminta untuk membuat media pembelajaran secara visual, jadi aku membuat peta timbul bareng kalangan aku, untuk UTS diminta menampung talkshow media audio, kaya siaran talkshow. Makara media pemebalajaran juga media audio itu seru banget, jadi kaya anak komunikasi, kerasa ilmu-ilmu yang didapatkan secara luas.
UAS diminta buat media audio visual membuat berita reportasi, waktu itu anbil barita perihal MRT, kaya nigt MRT dan melihatkan isi dalemnya juga. Kemudian di semester akhir, jurusan ini satu-satunya yang tidak PLP tetapi kita ada magang, kebetulan kemarin saya magang di Kementrian Agama di direktorat Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren bagian sub pendidikan pesantren, kaya kerja kantoran aja. Selebihnya jurusan ini menunjukkan ilmu yang lain, kaya keuangan, SDM, komunikasi, diklat, supervisi dan banyak banget.
Adakah fokus atau golongan keterampilan di jurusan ini?
Ga ada, tapi saat kita telah masuk ke anjuran skirpsi kita membuat judul sesuai dengan pasion atau minat yang kompeten selama kuliah aja, aku pribadi konsen di komunikasi atau humas, judul skripsi saya berafiliasi dengan itu, bahkan kalo temen-temen tertarik dengan perbankan itu juga bisa.
Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?
Tidak ada SNM, SNBM, ada juga UM-PTKIN, SPAN-PTKIN dan mampu berdiri diatas kaki sendiri. Informasinya akan di publish melalui website uinjkt.ac.id sudah lengkap disana.
Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?
Pada dasarnya kita mahasiswa agent of change artinya kita kuliah tidak sekedar kuliah pulang kuliah pulang aja, atau setuju kalo kuliah pulang dirumahnya dia mencar ilmu, terus menciptakan prestasi akademik, tapi kalo dirumah cuma rebahan aja itu akan rugi, khususnya di jurusan ini, alasannya adalah dosen saya itu pernah bilang mahasiswa jurusan ini telah sebaiknya aktif di organisasi, alasannya adalah dikala organisasi kita menerapka ilmu-ilmu yang ditemukan di kelas. Harus diseimbangkan akademik dan non akademik jangan terlalu mencondong di salah satu. Secara pengalaman kita akan dapat, karena ketika lulus yang dilihat tidak hanya IPK aja tetapi soft skill, organisasi , acara voulunter yang dilihat instansi. Kita mampu ikut voulenter aktivitas sosial pada masyarakat untuk menerapkan secara positif. Di kelas kita banyak penyajian, mahasiswa yang aktif di organisasi akan terbuka mind setnya karena melihat di lapangan. Daripada ngomong katanya lebih baik melihat eksklusif nyatanya.
Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini
Bagaimana harapan kerja dari alumni jurusan ini?
Untuk jurusan ini mampu prospek ke arah forum pendidikan baik itu sekolah non sekolah. Di sekolah sebagai tenaga admnistrasi atau tenaga kependidikan di lembaga pendidikan baik negeri atau swasta. Kalau non sekolah kaya di daerah magang saya kementrian agama atau di direktorat. Prospek lainnya luas sekali, alasannya alumni kita kerjanya tidak hanya di forum pendidikan bisa di kementrian, politik bahkan bisa di perbankan. Prospeknya luas banget tergantung pertumbuhan diri kita. Waktu selama 4 tahun lebih ke positif maka kesempatan kerja kita akan lebih luas, jadi title bukan aspek besar terhadap kesempatan kita.
Apa rencana dan harapan kamu sehabis lulus?
Semoga saya bisa menyeelsaikan studi saya, untuk planing telah saya target untuk tahun ini dan tahun depan. Harapan saya bisa lanjut studi ke S2.
Kode konten: C310
Sumber we.com
EmoticonEmoticon