Selasa, 16 Juni 2020

Bioteknologi Universitas Brawijaya (Chaca)

Halo teman intipers! Saya Chaca Nugraha Zaid dari jurusan Bioteknologi Universitas Brawijaya. Selain kuliah, aku kini menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Akuntansi UI. Kali ini saya ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang saya ambil. Bagi sahabat-teman yang hendak mengajukan pertanyaan atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dahulu artikel ini sebelum bertanya.


Secara umum, jurusan Bioteknologi Universitas Brawijaya itu mirip apa?


Bioteknologi itu kan berisikan 2 kata ya, bio dan teknologi. Biasanya orang-orang lumayan banyak yang tertipu gitu, orang banyak menyangka jurusan ini tuh teknologi yang ada biologinya. Sebenernya bioteknologi itu cukup banyak berguru ihwal kimia, biologi dan juga teknologi. Bioteknologi ini mungkin lebih dikenal dengan rekayasa genetika, memaksimalkan proses menggunakan mikroba.


Bagi kalian yang ingin mendapatkan gosip jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Apa yang jadi alasan masuk jurusan Bioteknologi Universitas Brawijaya?


Memilih prodi Bioteknologi di UB itu sebab waktu itu hanya di UB, prodi di Perguruan Tinggi Negeri yang langsung Bioteknologi. Umumnya jikalau di Perguruan Tinggi Negeri itu dari jurusan yang biasa dahulu nanti baru penjurusan lagi di pertengahan tahun. Kalau yang langsung Bioteknologi adanya di UB, makannya eksklusif pilih UB.


Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Bioteknologi Universitas Brawijaya?


Banyak ya mata kuliahnya, di tahun pertama itu berguru mulai dari yang dasarnya. Ada mata kuliah biologi dasar, fisika dasar, kimia dasar, matematikanya juga ada. Nanti ketika tahun berikutnya mulai ke mata kuliah yang jurusan, mulai dari mikrobiologi, biomaterial, rekayasa genetika, dan lain-lainnya.


Di antara semua mata kuliah, yang paling struggle itu rekayasa genetika. Di mata kuliah itu kita melaksanakan rekayasa pada basil. Itu bisa berhasil, bisa juga gagal, karena untuk berhasilnya memang agak sukar, jadi itu tantangannya. Kalau mata kuliah yang cukup saya senangi yaitu mikrobiologi. Di mikrobiologi kita melihat mikroba tumbuh, menghitung mikroba, lihat warna mikroba. Pokoknya mikroba itu unik, banyak warnanya, dsb.


Banyak juga praktikumnya, dari semester 1-4 memang acara lagi padet-padetnya untuk praktikum. Biasanya di lab. Misalnya bila praktik mikrobiologi kita praktik menumbuhkan mikroba/kuman kemudian dilihat proses tumbuhnya, dihitung jumlahnya. Biasanya butuh waktu usang, contohnya jika praktikumnya pagi itu bisa simpulan siang. Bahkan kita gantian selama 7 hari lihat pertumbuhan bakterinya. Selain di kampus kita juga umumnya ada kunjungan industri, menyaksikan secara pribadi perkembangan mikroba di industri itu mirip apa, hasil produknya seperti apa.


Setelah praktikum biasannya kita diminta untuk buat laporan praktikum. Biasanya ini yang jadi unek-unek temen-temen juga karena laporannya banyak dan setiap pekan ada. Setiap praktikum itu di akhir semester laporan praktikum bisa numpuk banyak sekali. Selain laporan praktikum, lazimnya ada peran kalangan, dsb.


Adakah fokus atau kelompok keahlian di jurusan ini?


Bioteknologi UB itu fokusnya ke Bioteknologi industri. Kita mencar ilmu meliputi industri kedokteran, pangan, perikanan juga. Kaprikornus lumayan banyak meliputi banyak ranah sebab nantinya ada fokusnya sendiri. Ada bioteknologi kedokteran, bioteknologi perikanan, bioteknologi pangan, bioteknologi pertanian, dll.


Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?


Ada  SNMPTN, SBMPTN, jalur berdikari juga jadi sama kaya jurusan lain. Kebetulan aku masuk lewat jalur mandiri, temen-temen mampu cek ke ig UB atau websitenya UB. Di sana diinfokan juga rincian pelaksanaan seleksinya.


Kalau untuk kuota penerimaan umumnya 100 orang seangkatan, ada kuota persentase yang beda tiap jalur masuk.


Ada kiat buat mahasiswa gres jurusan ini?


Bioteknologi itu tidak seperti yang temen-temen bayangkan, ada banyak pelajaran biologi. Banyaknya itu mencar ilmu lebih dalam ihwal kimia, biologi hanya selaku luarannya aja, jadi mesti banyak belajar kimia juga.


Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Bagaimana harapan kerja dari alumni jurusan ini?


Kebanyakan alumni diterima di industri pangan yang berkaitan dengan mikrobiologi. Ada juga yang jadi dosen dan peneliti yang gak jauh berhubungan dengan rekayasa genetika dan vaksin juga ada.


Harapan dan planning ke depannya?


Rencana lanjut S2 sambil kerja juga.


Q&A



  1. Apa mampu lulusan Sekolah Menengah kejuruan TKJ masuk rumpun Agro UB?


Seleksi di UB kan ada yang menurut yang kita pilih. Kalau temen-temen lewat jalur mandiri itu bisa.



  1. Bioteknologi itu penting gak untuk kurun depan?


Bioteknologi itu penting, sederhana dikala ini, vaksin itu fokusnya dari bioteknologi kedokteran. Kalau dalam bioteknologi pangan itu, misalnya salah satu produknya itu nangka tanpa biji, dll. Makara mampu disimmpulkan bioteknologi itu penting dan dibutuhkan di era depan.



  1. Tips mencar ilmu pas di Bioteknologi?


Bioteknologi itu kan ada biologi dan kimia, itu kan hafalan ya perihal desain yang sulit dimengerti satu kali belajar. Jadi bisa nanti diulang-ulang lagi.


Kode konten:C219



Sumber we.com


EmoticonEmoticon