Jumat, 05 Juni 2020

Ekonomi Pembangunan Ipb University (Vina)

Halo teman intipers! Aku Vina Pandini dari Ekonomi Pembangunan IPB University angkatan 2018. Kali ini saya ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi sahabat-teman yang akan mengajukan pertanyaan atau diskusi, bisa komen di bawah postingan ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.


Secara umum, jurusan Ekonomi Pembangunan IPB University itu mirip apa?


Fokusnya yaitu pembangunan, tapi pembangunan di sini bagaiaman menciptakan instrumen ekonomi menjadi akselerator untuk pembangunan sebuah kawasan atau negara khususnya Indonesia, bagaimana sistemnya, kebijakan pemerintah, lalu keunggulan negara, keuangan dan yang lain selaku askselerator pembangunan negara. 


Bagi kalian yang ingin menerima info jurusan dan masuk akademi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 


Apa yang jadi alasan masuk jurusan Ekonomi Pembangunan IPB University?


Makara dahulu aku sempet galau, dulu aku IPA namun pikirannya cenderung ke IPS, aku suka sama yang berbau-bacin sosial, dahulu sempet mikir gimana ya caranya aku yang basisnya IPA tetapi masuk ke jurusan yang basisnya IPS, waktu itu aku berharap lebih di SNMPTN, risikonya aku daftar di IPB dan ngambil ekonomi pembangunan, aku merasa kayanya ekonomi mempesona, alasannya adalah subjek ekonomi kan di semua lini kehidupan, misalkan di pendidikan, kesehatan, ekkonomi berperan penting, terlebih pembangunan sebuah negara.


Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?


Kaprikornus sistem di IPB itu pertama kali masuk ke PPKU atau Program Pendidikan Kompetisi Umum, alasannya adalah kita itu institut jadi ada penyetaraan dulu, kalo temen-temen di IPB ada TPB. Di PPKU semester 1 dan 2 kita belajar perihal Sekolah Menengan Atas kelas 4, saya belajar fisika, matematika, biologi, tapi itu disesuaikan sama basis temen-temen, sedangkan kalo basisnya soshum belajar matematika, fisika, kimia, biologinya tanpa praktikum. Kalo saintek ada praktikumnya.


Waktu PPKU juga ada mata kuliah ekonomi biasa . Mungkin kalo temen-temen kurikulum 2020 namanya ekonomi dasar, ini sama kaya ekonomi kebanyakan, di combine antara ekonomi mikro dan makro. Masuk semster 3 ada dasar ekonomi, ada mikro 1 dan makro 1.Mikro 1 kita belajar keseimbangan ajakan penawaran, pelaku ekonomi. Misalkan kita selaku pelanggan jadi rumah tangga, ada perusahaan selaku produsen dan pemerintah sebagai fasilitator. Di makro ekonomi kita belajar perihal bank, duit, investasi dan lainnya juga pemasukan negara yang komponennya ada konsumsi, investasi, transpor. Ada juga mata kuliah ekonomi pembangunan, kita belajar kemiskinan, ketimpangan, kesejahteraan, dan lain sebagainnya.


Terus ada satu fun fact, departemen dan fakultas aku sekarang lagi ulang tahun ke 20. Kemarin kita mampu prestasi yang membanggakan, kalo major of economics peringkat 401-440 QS World, yang artinya kita peringkat 3 nasional di bawah UI sama UGM.


Di semester berikutnya ada bank dan keuangan, akuntansi keuangan, ekonomi koperasi, ekonomi Indonsesia, metode ekonomi, ekonomi politik, ekonomi ketenagakerjaan dll. Pokoknya mata kuliahnya ga jauh dari basis ekonomi. Aku juga mencar ilmu wacana statistika, karena kita punya mata kuliah ekonometrika, dimana kita pakai beberap aplikasi juga. 


Adakah fokus atau golongan keterampilan di jurusan ini?


Ada fokus, tapi untuk skripsi, ada  3, pertama ada moneter forum bank dan keuangan lainnya, fokusnya membahas investasi, bank, kebijakan-kebijakan moneter yang dilakukan oleh pemerintah oleh BI khususnya, terus ada fokus perdagangan, pembangunan, dan industri, ini fokus kepada perdagangan internasional, niai tambah dan lainnya, terus yang terakhir ada regional, fokusnya mencakup kedua di atas, cuma ini di batasi, misalkan provinsi Jawa Barat, atau untuk tempat apa, membicarakan UMR, kemiskinan, pembangunan. 


Apa jalur masuk yang ada di jurusan kau?


SNMPTN, UTBK atau SBMPTN, dan UTMI atau Ujian Talenta Mandiri IPB, nah ada banyak jalur masuknya, ada jalur ketua OSIS, jalur prestasi nasional dan internasional, jalur ujian berdikari, jalur beasiswa utusan tempat umumnya ini dari Indonesia barat dan kalimantan, ada afirmasi dari Indonesia Timur, terus ada kelas internasional tetapi untuk prodi aku belum ada. Informasi lebih lanjut bisa di akses di instagram @ipbofficial atau melalui website admisi.ipb.ac.id.


Ada tips buat mahasiswa gres Ekonomi Pembangunan IPB University?


Ada fun fact lagi ya, aku kan misalkan masuk 2018, kita sbeutnya bukan angkatan 18 namun sesuai dengan dies natalis saya masuk ke 55, jadi angkatan ke 55, mempunyai arti 2019 56, 2020 ke 57. Tips untuk 57 yang masuk di PPKU, kalian daring, saya belum pernah bersapa, mereka sudah masuk unit, mesti semangat, ini jadi tantangan, apalagi untuk 2020 kurikulumnya berubah, kan ada klaster, klasternya ada 7 P, Q, R, S, T, U, V nah yang R S itu basis soshum, dan sisanya saintek, tapi kalo kini langsung di bagi soshum dan saintek, mata kuliahnya tu beda banget, aku ngerasa besar hati banget sama 57 sebab udah melalui itu.


Tips dari saya, pertama fokus dahulu di PPKU, karena temen-temen banyak meraih IP dan IPK. Harus aktif tentang perekonomian, kebanyakan dosen kami profesor dan sering mempertanyakan gimana kabarnya ekonomi indonesia saat ini. Ketiga harus sering ikut kajian apalagi yang ada di himpunan. Terus yang terakhir semangat, dalam waktu dekat masuk ke departemen dan supaya mampu segera ke kampus dan offline.


kegiatan seminar Hipotesa FEM IPB

kegiatan seminar Hipotesa FEM IPB


Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?


Secara garis besar kesempatan kerja ke hal-hal yang berbau ekonomi, maksudnya kaya tidak bisa disangkal ingin bekerja dengan prospek kerja yang kita geluti sekarang, alumni kebanyakan di kementerian ekonomi, pariwisata, di PPN atau Bapenas, di kementrian perdagangan dll, terus di bank sendiri udah terang niscaya pengen ke Bank Indonesia, di BUMN ada BNI, BRI, Mandiri dan lainnya, di BUMD ada di bank BJB, lalu di swasta bank BCA, temen-temen bisa jadi dosen atau tenaga pengajar kalo mengambil magister, kemudian forum keuangan mirip asuransi dan lainnya, dinas daerah di Bapeda dan lainnya, wartawan untuk berita ekonomi, dll, masih banyak sebab ekonomi ini pekerjaan sejuta umat.


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Apa rencana dan cita-cita kamu sesudah lulus?


Aku pengen S2, cuman lihat kondisi kini, lebih seru untuk kerja, aku sekarang fokusnya di Bapenas atau PPN alasannya kebijakan pembangunan ada di kementrian tersebut, saya pengen jadi orang yang juga mampu merumuskan kebijakan di situ, mampu ikut bantuan bagi pembangunan Indonesia.


Kode konten: C412



Sumber we.com


EmoticonEmoticon