Kamis, 11 Juni 2020

Ilmu Keolahragaan Upi (Calvin)

UPHai sahabat-sobat intipers selamat datang di profil saya yah. Perkenalkan nama saya calvin chandra, teman-teman mampu panggil aku kelvin. Saya kuliah di jurusan ilmu keolahragaan UPI angkatan 2014 dan alhamdulilah saya sudah lulus tepat waktu dengan predikat cum laude di tahun 2018. Sekarang saya melakukan pekerjaan sebagai PNS di jabatan analis keolahragan DISPORA Kab Bandung Barat. Yuk simak pengalaman aku di jurusan ilmu keolahragaan yang katanya jurusan para atlet berprestasi.


Bagi teman-teman yang hendak mengajukan pertanyaan atau diskusi, bisa komen di bawah postingan ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum mengajukan pertanyaan.


Apa yang dipelajari di Ilmu Keolahragaan?


Dilihat dari namanya ilmu keolahragaan telah pasti akan mempelajari tentang dunia olahraga. Pada awal-permulaan semester kita akan memperlari kecabangan olahraga yang umum dijumpai. Seperti atletik, renang, sepakbola, basket, tenis, bulu tangkis, pencak silat dll. Walaupun nanti kita tidak mampu menguasai sepenuhnya. Minimal mengerti cabang olahraga tersebut sehingga ketika terjun dimasyakat kita bisa membantu mirip penyelenggaraan olahraga, menjadi wasit atau instruktur olahraga.  Kaprikornus tak aneh mahasiswa baru nanti kulitnya gelap-gelap sebab di lapangan terus.


Bagi kalian yang ingin menerima isu jurusan dan masuk perguruan tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Selain kecabangan olahraga, kita juga mempelajari materi-bahan dasar yang menunjang olahraga, mirip anatomi dasar, ilmu gizi dasar, fisiologi dasar dll. Kemudian di semester pertengahan materi akan lebih banyak dari pada kecabangan olahraga dan materinya lebih mendalam, seperti sosiologi olahraga, fisiologi olahraga, psikologi olahraga, biomekanika olahraga, industri olahraga dll. Selanjutnya di semester simpulan bab pengaplikasian di lapangan mirip acara KKN dan PPL/magang kemudian yang terakhir skripsi. Jika di lihat-lihat jurusan ilmu keolahragaan adalah adonan dari aneka macam jurusan yang di terapkan pada olahraga.


Apa bedanya PJKR, Kepelatihan dan Ilmu keolahragaan UPI?


Terkadang penduduk menilai bahwa jurusan olahraga itu hanya satu, padahal tidak. Di UPI, FPOK menaungi prodi Keperawatan, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), Ilmu keolahragaan (IKOR) dan prodi baru adalah Kondisi Fisik Olahraga. Kita diskusikan ketiga prodi yang saya singgung sebelumnya yakni PJKR, PKO dan IKOR. Jika dilihat apa yang di pelajari paada masing2 prodi ini, PJKR lebih mendalami materi pendidikan jasmani mirip cara mengajar siswa untuk disekolah karena output nya  yakni menjadi guru olahraga. Kemudian di PKO lebih mendalami materi kepelatihan mirip cara membuat program latihan sebab output nya adalah menjadi pelatih olahraga profesional. Selanjutnya di ilmu keolahragaan itu agak unik, alasannya ilmu keolahragaan yakni dasar ilmu dari jurusan-jurusan sebelumnya. Jadi di ilmu keolahragaan kita juga akan mendapatkan bahan PJKR dan juga PKO sehingga out put dari ilmu keolahragaan lebih luas.


Ciri khas dan keseruan ilmu keolahragaan UPI


Di FPOK UPI ada kurun bimbingan (mabim) dari para senior untuk mahasiswa baru. Itu selama kurang lebih satu tahun. Selama periode panduan itu lazimnya para mahasiwa baru ini mesti mencukur rambutnya sampai gundul dan memakai kemeja kotak-kotak. Kesannya seperti senioritas sih namun di situ mahasiswa gres ini dididik supaya senantiasa kompak dan bermental kuat. Dengan itu maka akan terjalin pertemanan yang solid antara sobat sebaya dan para senior. Berbeda dengan jurusan lain non FPOK yang abad bimbingannya hanya beberapa bulan bahkan tidak ada sama sekali yang menurut aku kurang seru aja sih.


Pada jurusan olahraga yang ada di FPOK mempunyai busana khas untuk praktek lapangan atau kecabangan olahraga. Namanya “baju kebangsaan”. Pakaian tersebut terdiri dari, untuk pria kaos lekbong putih dan celana hitam pendek. Untuk perempuan bagi yang tidak berhijab menggunakan kaos lengan pendek putih dan celana hitam pendek dan bagi yang berhijab menggukan kaos panjang putih dan celana hitam putih.


Ketika kita sedang mempelajari mata kuliah kecabangan olahraga, biasanya dosen menyuruh kita bertarung dengan klub/tim olahraga di luar kota. Contohnya sedang ada mata kuliah kecabangan sepakbola, jadi kita disuruh bertarung dengan klub sepakbola di luar kota. Makara kita sambil kuliah sekalian jalan-jalan juga keluar kota, seru kan.


Mahasiswa-masiswa di FPOK di kenal dengan mahasiswanya yang jarang kuliah, bukan alasannya sering mangkir. Melainkan karena kebanyak mahasiswanya ialah atlet olahraga. Mereka biasanya meminta keringanan terhadap dosen dikala ada pertandingan di luarkota atau mancanegara mewakili daerahnya masing-masing bahkan ada yang mewakili indonesia. Keren kan punya sahabat atlet berprestasi, yang umumnya jikalau menang dan dapet bonus merekaa akan meneraktir sahabat-teman kuliahnya


Tips untuk mahasiswa baru yang hendak ke ilmu keolahragaan


Penerimaan mahasiswa baru di UPI ada 3 seperti Perguruan Tinggi Negeri lainnya, ada jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur berdikari. Untuk teman-sahabat yang sebelumnya atlet berprestasi akan di mudahkan lolos jurusan ilmu keolahragaan. Saya sarankan daftar melalui jalur SNMPTN terlebih dulu, umumnya di suruh melampirkan piagam prestasi dan menciptakan video cabang olahraga masing-masing.  jikalau SNMPTN gagal teman-sobat bisa lewat jalur SBMPTN dengan melalui tes terlebih dulu, tes tertulis, tes kesehatan dan tes fisik. Saya tidak menyaranakan untuk jalur mandiri alasannya mahal.


Setelah sahabat-sahabat lolos dan masuk jurusan ilmu keolahragaan, sahabat-sahabat ikuti aja kegiatan era panduan dengan senior-senior tersayang seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Jangan di bawa baper yah, toh ga akan ada perlakuan fisik juga. Selanjutnya teman-sobat ikuti acara kuliah dengan serius, jika mau lulus cumlaude sebisa mungkin teman-sobat dapet nilai A di setiap mata kuliah. Oh jangan lupa selain aktif di aktivitas mata kuliah, sobat-sobat sebisa mungkin aktif di organisasi kampus, seperti di himpunan mahasiswa, Badan administrator mahasiswa dll. Itu penting banget untuk sahabat-sobat melatih softskill dan publik speaking. Jika teman-sobat yaitu atlet, dan ada pertandingan yang mengharuskan meninggalkan aktivitas kuliah, secepat mungkin menciptakan surat dispensasi. Kalau tidak, bisa-mampu di kira alfa. Jika absen kurang dari 80% sobat-sobat mampu gagal di mata kuliah tersebut dan mengulang di semester berikutnya.


Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Prospek kerja jurusan ini


Seperti yang disinggung sebelumnya jurusan ilmu keolahragaan memiliki prospek kerja yang cukup luas. Secara garis besar, dilihat dari senior dan sobat-teman aku kebanyakan menjadi instruktur di gym, di hotel, klub renang dan pelatih olahraga. Selain itu ada juga yang jadi pegawai di pemerintahan mirip di KEMENPORA dan DISPORA. Ada juga yang menjadi guru namun karena ilmu keolahragaan yaitu jurusan non pendidikan sebisa mungkin sobat-sobat mengambil pendidikan profesi guru (PPG) selama 1 atau 2 tahun. Tidak sedikit juga alumni yang membuat usaha sendiri, mirip membuat klub renang, membuat lapangan futsal, menciptakan start up personal trainer online dll. Selain yang berhubungan dengan olahraga, ada juga loh alumni  yang berkarier di luar jurusannya. Ada yang jadi pegawai BPJS, pegawai bank, TNI dan POLRI.


Harapan dan planning setelah lulus


Alhamdulilah aku sudah lulus dan salah satu impian saya menjadi PNS sudah tercapai. Saya masih memiliki impian dan planning lainnya. Saya akan konsentrasi berkarier di PNS ini hingga ke jabatan tertinggi supaya aku bisa menciptakan kebijakan-kebijakan olahraga yang mampu memajukan olahraga. Minimal di kawasan sendiri dan maksimal sampai skala nasional. Selain itu aku ingin membuat industri olahraga sendiri sehingga membuka lowongan kerja untuk lulusan ilmu keolahragaan yang mau tiba.


Kode konten: X464



Sumber we.com


EmoticonEmoticon