Kamis, 04 Juni 2020

Rekayasa Hayati Itb (Adam)

Halo sobat intipers! Aku Adam Muhammad Syach dari Rekayasa Hayati ITB angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang saya ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi sahabat-teman yang akan bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dahulu postingan ini sebelum mengajukan pertanyaan.


Secara lazim, jurusan Rekayasa Hayati ITB mirip apa?


Rekayasa hayati ialah salah satu jurusan yang berada di fakultas Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati atau lazimdi singkat SITH Rekayasa. Rekayasa hayati menurut teori ialah campuran antar disiplin ilmu kimia dengan biologi, jadi konsentrasi ke arah bagaimana menciptakan suatu produk dengan basisnya bio kala atau agen hayati. 


Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 


Apa yang jadi alasan masuk jurusan Rekayasa Hayati ITB?


Waktu SMA persiapan SNMPTN dan SBMPTN, cari-cari jurusan yang menawan, yang kedepannya masih sungguh diharapkan, seiring berjalannya waktu kemajuan teknologi semakin kedepan khususnya di bidang hayati, namun di sisi lain manusia tetap butuh masakan, air, sehingga kesengsem masuk rekayasa hayati yang fokusnya ke arah hal-hal masih di butuhkan oleh insan ke depannya.


Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?


Mata kuliah secara lazim kalo dibandingkan dengan teknik kimia mirip, ada termodinamika, kejadian perpindahan atau dasar-dasar teknik. Tapi kalo khasnya dibandingkan teknik kimia, ada bedanya dengan penambahan biologi-biologinya kaya biologi sel dasar, rancangan biologi untuk engineering, jadi adonan antara teknik kimia dan biologinya. Untuk praktikumnya mirip juga praktikum teknik, mempelajari alat-alat untuk diterapkan di industri. Tugas yang mempesona, semuanya ialah campuran pada kesannya, diakhir itu kita akan mendesain pabrik, tetapi masih desain, untuk peran selesai, sehingga kita mampu ketahui proses dari awal sampai final, produk kuliner yang basis bio kurun.


Adakah konsentrasi atau kalangan kemampuan di jurusan ini?


Belum ada, masih umum, karena jurusannya masih gres 10 tahun, namun di jurusan kami ada 7F atau kajiannya. 


Apa jalur masuk yang ada di jurusan kau?


SNMPTN dan SBMPTN untuk tahun aku. Tapi kini udah ada SM ITB, jadi ada 3 jalur. Info lebih lanjut bisa instagram ITBnya lazimnya update untuk jalur masuk.


Ada kiat buat mahasiswa gres Rekayasa Hayati ITB?


Penjurusan baru di tingkat 2, jadi angkatan 2019 baru penjurusan, kalo sudah masuk di jurusan ini, yang penting jangan aib mengajukan pertanyaan kalo ada sesuatu yang dibingungkan silahkan tanya ke dosen atau ke kating, supaya ilmunya dapat, soalnya rekayasa hayati ilmunya masih sangat luas sehingga ada yang background terpesona dari biologinya, ada yang tertarik dengan fisika, kimia, dan keteknikannya. Makara jangan malu mengajukan pertanyaan untuk sesuatu yang dibingungkan, dan ulet-giat untuk belajar.


Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?


Semua hal yang berhubungan dengan produk masakan yang dibentuk bio kurun mampu masuk, mirip susu, keju, youghert dll. Namun ada juga yang arah ke kosmetik, wardah, paragon, itu juga mampu dimasukin, ada juga yang kearah bioenergi ke pertamina mampu masuk juga. Intinya sesuai denga 7F tadi seluruhnya bisa masuk.


Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Apa planning dan harapan kau sehabis lulus?


Rencana paling bersahabat ingin lulus, terlebih di masa corona, rencana sehabis lulus ingin eksklusif kerja sesuai dengan kesukaan aku lebih ke perusahaan mikroalga misalnya evergen.


Kode konten: C397



Sumber we.com


EmoticonEmoticon