Kamis, 11 Juni 2020

Statistika Politeknik Statistika Stis (Munifah)

Halo intipers. Perkenalkan saya Munifah Zuhra Almasah, mahasiswa prodi DIV Statistika Politeknik Statistika STIS angkatan 2019. Disini aku ingin membagikan pengalaman kuliah yang sudah saya lalui di jurusan Statistika. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi sobat-sobat yang hendak bertanya atau diskusi, mampu komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu postingan ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini


Apa yang dipelajari dan Mengapa Harus di Statistika Politeknik Statistika STIS ?


Sesuai namanya, kita diajarkan untuk melakukan analisis statistik. Namun di Statistika STIS dikhususkun untuk melaksanakan analisis statistika di perkantoran, tepatnya di BPS (Badan Pusat Statistik) sebab Statistik di Polstat-STIS tergolong ke sekolah ikatan dinas. Tapi kita juga nantinya akan diajarkan untuk melakukan analisis statistik di perusahaan jikalau mengambil jurusan komputasi statistik. Banyak yang berpikiran bahwa statistik itu cuma ihwal angka-angka atau data-data saja, padahal di statistik ini kita mencar ilmu wacana bagaimana pemanfaatan data itu sendiri di banyak sekali sektor kehidupan dan pasti semua jurusan dimanapun akan menerima mata kuliah statistik. Artinya statistik ini sangat penting penerapannya sehingga di statistik Polstat-STIS kita juga wacana ilmu-ilmu sosial dan metode teknologi informasi. Keuntungan berkuliah di Polstat – STIS ialah kita dapat kuliah gratis karena didanai oleh pemerintah, ada jaminan kerja (PNS) sesudah lulus, mendapatkan seragam kuliah, non-militer, dan pastinya kita bisa berjumpa dengan sahabat-sahabat dari seluruh Nusantara.


Bagi kalian yang ingin menerima informasi jurusan dan masuk perguruan tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Apa bedanya dengan aktuaria?


Perbedaan yang mencolok secara sekilas, adalah di jurusan statistika lebih difokuskan mencar ilmu bagaimana menghimpun, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasi suatu data. Kita akan mempelajari hal yang berhubungan dengan data, kemudian mengolahnya menjadi info yang mampu diambil kesimpulannya untuk menetapkan sebuah kebijakan di abad yang hendak datang. Sedangkan aktuaria lebih difokuskan berguru analisis resiko serta analisis data finansial menggunakan konsep statistika dan matematika.


Apa saja Mata kuliah Statistika Politeknik Statistika STIS ?


Mata kuliah yang dipelajari banyak sekali, mirip Aljabar Linier, Pengantar Teknologi Informasi,Kalkulus, Metode Statistika, Agama, Algoritma Pemograman, Pengantar Ekonomi, Pengantar Demografi, Pengantar Teori Peluang, Bahasa Indonesia, dan Analisis Data Ekploratif. Mata kuliah favorit aku ada dua. Yang pertama, mata kuliah analisis data eksploratif dan mata kuliah pengantar teori peluang. Hal menawan yang dipelajari di mata kuliah analisis data ekploratif ini yaitu alasannya saat belajar saya menerima berbagai insight pandangan teori kepada urusan-masalah data statistik dan bagaimana cara mengatasinya. Contohnya jikalau kita mempunyai data yang nilainya terlalu jauh dibanding nilai-nilai data yang yang lain, metode yang sesuai dipakai untuk melihat pemusatan datanya ialah dengan memakai median atau nilai tengah, bukan mean atau rata-ratanya.


Mata kuliah kedua yang memiliki arti, yaitu Pengantar Teori Peluang. Di mata kuliah ini diajarkan proses bagaimana seseorang mampu menerka atau mengestimasi sesuatu yang akan terjadi kedepannya menurut data yang ada. Kita juga diajarkan untuk mengenali seberapa besar potensi atau persentase terjadinya sesuatu sehingga mampu menjadi dasar untuk menciptakan keputusan. Kemudian ada mata kuliah yang sungguh dicemaskan oleh mahasiswa tingkat satu ialah mata kuliah algoritma pemograman. Mata kuliah ini sungguh menantang alasannya adalah kita akan diajarkan bagaimana menciptakan syntax dan acara sederhana yang merupakan apply dari ilmu statistika. Kesulitan disini yakni bagaimana kita mengetahui dan mengenang pola atau cara membuat syntaxnya sehingga mesti sering latihan dan diskusikan soal.


Konsentrasi di DIV Statistika Politeknik Statistika STIS


Konsentrasi di jurusan statistika disebut peminatan. Terdapat dua peminatan di jurusan DIV Statistika, adalah Ekonomi dan Sosial Kependudukan.

• Statistika Ekonomi. Pada peminatan ini, mahasiswa mempelajari statistika bidang statistik ekonomi sehingga bisa melaksanakan kegiatan dan analisis data statistik harga-harga,

produk domestik regional bruto, neraca daerah, indikator ekonomi, dan lain sebagainya.

• Statistika Sosial Kependudukan. Sedangkan untuk peminatan ini, mahasiswa di fokuskan untuk mempelajari statistika bidang statistik sosial,

kependudukan, dan demografi sehingga mampu melaksanakan analisis dan pelaporan di bidang sosial, kependudukan, demografi, kesehatan, lingkungan dan lain sebagainya.


Tips-tips untuk Maba di Jurusan DIV Statistika Polstat – STIS


Mata kuliah di jurusan Statistika ini banyak berhubungan dengan data. Maka, jadikan ilmu yang kita dapatkan sebagai senjata untuk menanggulangi urusan yang kita dan bangsa ini miliki. Banyak dosen yang memperlihatkan rekomendasi dikala saya mahasiswa baru untuk benar-benar mengetahui ilmu statistik ini karen perannya sungguh penting bagi kehidupan. Ilmu yang hendak lebih kita memahami kalau dikaitkan dengan pengalaman yang kita miliki dan untuk menanggulangi permasalah kita sendiri. Tips lainnya yaitu kita harus banyak berlatih melakukan soal, bagaimana cara menyelesaikan persoalan yang ada menggunakan tools statistik yang telah kita pelajari dari perkuliahan, dan pahami ilmunya dengan mengasihi mata kuliah itu.


Ikuti organisasi/kepanitiaan yang kita banget!


Selain itu, tips berikutnya ialah ikuti organisasi/kepanitiaan yang kita banget. Ada banyak acara yang disediakan di sekolah kedinasan. Diantaranya mengikuti acara Senat Mahasiswa, DPM, UKM, kepanitiaan, dll. Ikuti kegiatan-acara tersebut dan jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dengan menjadi ketua bidang, ketua program, dsb. yang mengasah soft skill serta menambah pengalaman berkesan yang mau kita kenang sesudah lulus. Tips yang terakhir, ikuti kegiatan yang menurut kamu sesuai dengan kesanggupan yang ingin kau optimalkan, jangan ambil terlalu banyak potensi /kegiatan karena yang terpenting bukan kuantitasnya namun mutu! Mungkin pada mulanya, kamu galau untuk mengambil kegiatan apa yang mau disertai, pada kondisi tersebut boleh saja kau ambil banyak acara untuk memilih mana yang paling cocok dengan diri kau. Biasanya hal ini terjadi dikala masih semester awal.


Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Prospek Kerja dan Alumni lazimnya kerja dimana?


Tidak ada namanya pengangguran. Lulusan Politeknik Statistika STIS selepas kuliah akan ditempatkan di BPS aneka macam penjuru kawasan di Indonesia. Badan Pusat Statistik yaitu lembaga pemerintah Non-Departemen yang menyediakan data dan berperan aktif bagi perstatistikan Indonesia. Kegiatan yang dijalankan oleh BPS ialah sensus, survei, dan publikasi. “I keep saying that the sexy job in the next 10 years will be statisticians, and I’m not kidding.” –Hal Varian (Chief Economist Google, The McKinsey Quarterly, 2009).


Bagaimana harapan dan rencana sesudah lulus nanti?


Rencana aku sehabis lulus adalah saya ingin melanjutkan S2 di FEB UI. Saya ingin belajar dan memperdalam ilmu statistika saya semoga mampu diaplikasikan ke sektor perekonomian. Setelah itu, saya ingin mengasah kesanggupan di bidang sains data dengan mengikuti aneka macam training/pendidikan. Saya ingin menjadi andal di bidang tersebut karena saya lihat masih sedikit orang yang memiliki kemampuan tersebut,sedangkan usul dari profesi tersebut lumayan tinggi. Harapan saya, supaya ilmu yang sudah aku pahami mampu mengakibatkan keberkahan dan berfaedah bagi kepentingan banyak orang. Saya ingin terus berguru mengasah kemampuan statistik dan softskill saya supaya bisa membahagiakan orang renta dan orang-orang disekitar. Saya berharap bisa menjadi seorang ahli statistik Indonesia atau data scientist yang mampu memperlihatkan bantuan yang baik dan benar untuk abad depan bangsa.


Kode konten: X467



Sumber we.com


EmoticonEmoticon