Kamis, 27 Februari 2020

Alat Pelesap Energi Gempa Uniaksial

BelajarSipil.com – Kondisi geologi Indonesia yang berada pada daerah gempa pasti menjadi tantangan tersendiri untuk pada insinyur sipil dalam merancang suatu bangunan. Berbagai sistem perancangan bangunan tahan gempa kini menjadi salah satu konsentrasi utama pengembangan ilmu teknik sipil di Indonesia.



Salah satu metode meredam beban gempa pada struktur gedung ialah alat pelesap energi gempa uniaksial yang analisis oleh Sindur P. Mangkoesoebroto dari ITB. Alat tersebut dimaksudkan untuk melindungi struktur bangunan gedung dari kerusakan yang berlebih pada saat insiden gempa.


Energi gempa input pada struktur bangunan gedung dijadwalkan untuk dimusnahkan oleh alat yang merupakan bagian dari bresing tahan tekuk.



Bresing tersebut dipasang pada portal yang ialah bab dari rangka pemikul beban gempa. Alat dapat dipasang pada struktur bangunan gedung gres ataupun eksisting, tanpa memerlukan modifikasi signifikan.


Alat dibentuk cukup ringkas demikian sehingga membuat lebih mudah perawatan, operasi, dan perbaikan bila diperlukan. Kini alat ciptaannya tersebut telah dipatenkan.


Untuk mengunduh full papernya silahkan masuk link download



Sumber we.com


EmoticonEmoticon