Jumat, 12 Juni 2020

Bahasa & Sastra Arab Uin Maulana Malik Ibrahim Malang (Irfan)

Halo intipers. Perkenalkan aku Ahmad Irfan Fauzi, mahasiswa peserta beasiswa bidikmisi di jurusan Bahasa & Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, angkatan 2016. Disini aku ingin membagikan pengalaman kuliah saya di jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Yuk, simak pengalaman aku. Bagi sahabat-teman yang akan bertanya atau diskusi, mampu komen di bawah postingan ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum mengajukan pertanyaan.


Apa yang diperlajari di Bahasa & Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang?


Sesuai namanya, kita diajarkan seluk beluk kebahasaan dan kesusastraan Arab. Namun di BSA UIN Malang ini dikhususkan untuk melakukan pengajaran, penerjemahan, dan pemandu. Tapi kita juga nantinya akan diajarkan sesuai profesi yang kita pilih mirip siyahah (pariwisata), tarjamah (penerjemahan), dan tadris (pengajaran).


Jika kita mengambil fokus siyahah maka yang diajarkan adalah menjadi tour guide, menejemen perkantoran, Bahasa Amiyah & Fushah, dan menjadi pemandu haji/umroh. Jika kita mengambil konsentrasi tarjamah maka yang akan diajarkan ialah perihal dunia penerjemahan, bagaimana menjadi penerjemah professional, penerjemah tersumpah, dan diajarkan juga terkait jurnalistik. Bila kita mengambil konsentrasi tadris maka kita diajarkan untuk mengajar baik siswa maupun mahasiswa, cara menyiapkan RPP sebagaimana yang dijalankan mahasiswa pendidikan.


Bagi kalian yang ingin mendapatkan isu jurusan dan masuk sekolah tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Apa bedanya dengan Pendidikan Bahasa Arab?


Jujur, saya kurang tau mata kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Namun, perbedaan yang menonjol secara sekilas, ialah di jurusan BSA lebih difokuskan berguru linguistik dan sastra serta konsentrasi yang dipilih mirip siyahah, tarjamah, tadris, dan perfilman sebab BSA lebih bersifat luas dalam pembahasannya global. Selain itu juga di BSA mempelajari perihal sejarah baik itu peradaban islam, kesusastraan, dan asal-ajakan Bahasa.


Sedangkan di jurusan Pendidikan Bahasa Arab lebih bersifat khusus ialah dikhususkan dalam dunia Pendidikan. Makara yang dipelajari di jurusan PBA adalah pengembangan kurikulum, studi islam, media pembelajaran, dan seni manajemen pembelajaran. Begitu yang sahabat saya katakan.


Mata kuliah Bahasa & Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Dosen favorit?


Mata kuliah yang dipelajari aneka macam. Ada ilmu Nahwu-Sharaf, kemampuan membaca-menulis-mendengar, seni berbicara, drama, pengirim teori Bahasa/Sastra, sejarah/teori sastra, fonologi, balagoh, ilmu kamus, teori terjemah, asal-permintaan Bahasa/Nahwu, semantic, kritik sastra, menulis kreatif, kajian timur tengah, filologi, ilmu symbol, pragmatic, metpen Bahasa/Sastra, ilmu lahjat, dan masih banyak lagi.


Matkul favorit aku ada dua. Yang pertama, mata kuliah teori tarjamah dan mata kuliah menulis inovatif. Hal menarik yang dipelajari di mata kuliah teori tarjamah adalah karena dikala berguru saya bisa mengerti terkait penerjemahan, bagaimana kita mampu menjadi penerjemah tersumpah dan professional sehingga aku bisa membuka jasa penerjemahan. Mata kuliah favorit kedua, yakni menulis inovatif. Di mata kuliah ini diajarkan proses bagaimana seseorang mampu menulis secara inovatif dengan bermodalkan wawancara dan mengambil data menurut library research. Kita juga diajarkan untuk menjadi penulis postingan atau jurnal yang mampu tembus scopus yang tingkat internasional. Hasil belajar dari mata kuliah ini banyak memiliki kegunaan bagi saya dalam menyebarkan tulisan saya, sehingga jurnal saya bisa tembus scopus.


Sementara, dosen favorit aku Ustadz Faishol, Ustadz Muntaqim, dan Ustadz Halimi. Karena menurut saya, mereka orangnya fleksibel dan bisa menyampaikan bahan yang mudah diketahui.


Konsentrasi di Bahasa & Sastra Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang?


Terdapat tiga konsentrasi di jurusan Bahasa dan Sastra Arab, yaitu siyahah, tarjamah, dan tadris. Kaprikornus setiap konsentrasi persemester mempunyai matakuliah yang telah disediakan untuk dipilih sesuai konsentrasinya masing-masing. Konsentrasi ini menentukkan sasaran kita dalam melakukan Praktek Kerja Lapangan. Misalkan kita mengambil fokus siyahah, sering berguru berbicara Bahasa Amiyah & fushah untuk terjun ke lapangan berbicara dengan native aslinya. Sedangkan fokus tadris, sering belajar strategi pembelajaran, RPP, media pembelajaran, dan praktek mengajar. Selain itu, konsentrasi tarjamah, sering praktek melakukan penerjemahan dari arab ke indo atau sebaliknya, dan mencar ilmu ihwal jurnalistik.


Tips-kiat untuk Maba di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Malang


Matakuliah di Bahasa dan Sastra Arab banyak berhubungan dengan kehidupan, sebab di BSA selain mencar ilmu Bahasa dan Sastra juga berguru psikologi, sosiologi, pragmatic, dan lain-lain. Oleh kesudahannya, jadikanlah ilmu yang didapatkan di BSA selaku senjata untuk menangani permasalahan di universitas kehidupan, karena Bahasa arab ialah Bahasa al-Alquran yang bisajadi sebagai kunci segala ilmu.


luruskan niat dan bulatkan tekad


Tips pertama, luruskan niat dan bulatkan tekad. Ketika kau sudah masuk di BSA maka kau harus menyeriusinya dengan mencar ilmu betul-betul , meski kamu bukan dari background Bahasa Arab. Niat aja tidak cukup, tapi harus diiringi dengan usaha.


identifikasi tipe belajar kamu semenjak awal


Tips kedua, kenali tipe mencar ilmu kau sejak awal. Ini bisa jadi penentu kamu mampu mencerna dan mengetahui materi yang disampaikan oleh dosen. Dalam tipe ini ada tiga, seperti visual yakni orang yang suka menyimak penjelasan dari dosen dengan serius, auditory adalah orang yang mampu menyerap bahan dengan menyimak musik, dan kinestatik yaitu orang yang gabisa diem misalnya seperti nyolek temen pas lagi pembelajaran.


sediakan buku kecil


Tips ketiga, sediakan buku kecil untuk nyatat kosakata, jikalau kalian dari latar belakang Sekolah Menengan Atas atau Sekolah Menengah kejuruan kalian jangan berkecil hati untuk mampu, kamu bisa mencatat apapun kosakata yang keluar dari dosen, catat saja dan praktekkan.


tanamkan mindset kasatmata


Tips keempat, tanamkan mindset aktual, sebab ini sangat berpengaruh pada sejauh mana kamu mampu mengikuti kuliah di jurusan BSA ini, senantiasa tanamkan “aku bisa, dan pasti mampu”.


ikuti komunitas Bahas


Tips kelima, ikuti komunitas Bahasa yang bisa membantu kau mengerti Bahasa Arab, alasannya adalah di BSA UIN Malang ada komunitas Bahasa yang bisa mengasah kesanggupan diri kau.


ikuti organisasi


Tips keenam, ikuti organisasi tambahan dan intra kampus yang tepat. Ada banyak acara yang ditawarkan di kampus, diantaranya mengikuti acara himpunan Jurusan, DEMA & SEMA Fakultas/Universitas, UKM, UPKM, dll. Ikuti acara-acara tersebut dan jangan takut untuk berproses. Bahkan kalau perlu kalian menjadi ketua yang mampu mengasah soft skill dan memperbesar pengalaman berkesan yang akan kita torehkan dalam sejarah semasa kuliah. “habiskanlah periode mudamu dengan banyak mencari pengalaman”, ingat “jangan banyak protes, tetapi harus banyak proses”.


Tips ketujuh, ikuti organisasi/komunitas social yang mampu memajukan kesanggupan kamu. Mungkin di permulaan-permulaan karena masih mahasiswa baru, pastinya kau galau untuk mengikuti organisasi social mana. Di malang sangat banyak, seperti LEO Club Malang Arrow, Relawan Nusantara, dan masih banyak lagi. Pada situasi tersebut, ikuti saja beberapa sembari kau seleksi organisasi social mana yang sesuai dengan diri kamu.


Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?


Alumni jurusan Bahasa dan Sastra Arab memiliki kesempatan kerja yang cukup menjanjikan. Kamu mampu melakukan pekerjaan menjadi apa saja yang diharapkan alasannya tidak terbatas pada bidang pengajaran saja. Apalgi korelasi Indonesia dengan negara-negara Arab sangat bagus dan Bahasa arab menjadi Bahasa resmi PBB. Buat kamu yang menguasai Bahasa dan sastra Arab, akan memiliki peluang kerja yang cantik. Lulusan BSA mampu bekerja sebagai penerjemah, guru, dosen, ahli budaya dan bahasa Arab, peneliti, jurnalis (reporter), diplomat kemenlu, konsultan Pendidikan, pramugari/a, staf maskapai penerbangan, pemandu rekreasi, content creator, content writer, editor, dan sastrawan.


Sepengetahuan saya, alumni lulusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Malang menjadi guru Bahasa Arab di sekolah maupun private, dosen, penerjemah, pemandu haji & umroh, editor percetakan, membuka bimbel, sekretaris DUBES, bahkan ada juga yang menjadi TNI. Oh iya, bagi kamu yang tertarikmenjadi dosen kalian harus kuliah S2 Bahasa dan Sastra Arab lagi, karena sekarang mesti linier, tidak mirip dulu lagi. Dan jikalau kau ingin membuka lembaga penerjemahan, kamu juga mesti menjadi penerjemah tersumpah dulu.


Harapan dan rencana sesudah lulus?


Jujur, aku belum kepikiran untuk menjadi Dosen Bahasa dan Sastra Arab, meski sudah diarahkan dan ditawari sama dosen saya. Tapi sesudah lulus aku bermaksud untuk focus menyebarkan jasa terjemah aku adalah SA Translation, juga sebagai freelancer di fastwork.id sebegai penerjemah. Selain itu, saya juga mencari banyak pengalaman dan mengasah kesanggupan di bidang siyahah dengan mengikuti aneka macam kegiatan mirip magang di berbagai pekerjaan. Setelah itu, berniat untuk membuka forum panduan berguru dan motivasi, juga kuliner makanan khas Bandung Jawa Barat.


Kode konten: X463



Sumber we.com


EmoticonEmoticon