Rabu, 10 Juni 2020

Geofisika Universitas Gadjah Mada (Ferdinan)

Halo sobat intipers! Kenalkan, aku Ferdinan Eka Saputra, mahasiswa S1 Geofisika Universitas Gadjah Mada angkatan 2019. Penasaran bagaimana rasanya berkuliah di acara studi geofisika? Yuk, simak pengalaman saya!

Bagi sahabat-sahabat yang akan mengajukan pertanyaan atau diskusi, mampu komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dahulu artikel ini sebelum mengajukan pertanyaan.


Geofisika itu apa, sih?


Sesuai namanya, sob! Geofisika itu merupakan cabang ilmu kebumian yang mempelajari bumi dengan memakai kaidah-kaidah fisika. Geofisika sendiri masih satu keluarga dengan geologi. Tapi, materi kuliah di geofisika cukup berlainan jauh dari geologi, lho. Mengapa demikian? Di geologi, para mahasiswanya akan fokus mempelajari objek-objek yang ada di permukaan bumi dengan pengamatan eksklusif. Sedangkan di geofisika, mahasiswanya akan lebih banyak mempelajari kaidah-kaidah fisika yang dipakai untuk mengerti bab dalam permukaan bumi. Meski tergolong program studi yang lumayan banyak melakukan kegiatan lapangan, geofisika ini bukan hanya diisi oleh kaum adam aja! Ada berbagai lho geofisikawati-geofisikawati profesional di bidangnya masing-masing. Makara, buat sobat intipers kaum hawa, jangan ragu untuk berkuliah di jurusan ini.


Bagi kalian yang ingin menerima isu jurusan dan masuk perguruan tinggi tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini


Serba-serbi perkuliahan Geofisika Universitas Gadjah Mada


Sebagai suatu acara studi di bawah naungan Fakultas MIPA, geofisika UGM tidak mampu lepas dari yang namanya praktikum. Ada berbagai praktikum yang perlu dijalani oleh seorang kandidat geofisikawan muda Gadjah Mada, sob! Misalnya, fisika dasar, geologi dasar, geologi struktur, gelombang, dan masih banyak lagi! Selain jadi fasilitas mengimplementasikan bahan di kelas, praktikum juga jadi salah satu kawasan yang tepat untuk mengasah keahlian menulis seorang mahasiswa. Hal ini dikarenakan adanya laporan praktikum yang harus dikerjakan setiap satu acara praktikum tamat dijalankan. Sobat intipers juga akan berguru memanajemen waktu karena adanya tenggat waktu dalam pembuatan laporan dan adanya lebih dari satu praktikum dalam sepekan.


Selain itu, seorang mahasiswa geofisika juga dituntut akan pemahamannya yang tinggi kepada ilmu-ilmu fisika, sob! Kemudian, ilmu-ilmu tersebut akan dipraktekkan dalam mempelajari bumi kita ini. Makara, ada banyak sekali mata kuliah terkait ilmu fisika yang harus dipelajari. Misalnya fisika dasar 1 & 2, gelombang, termodinamika, mekanika, dan masih banyak lagi.


Mata Kuliah yang Paling Berkesan


Dalam tiga semester yang telah saya jalani, mata kuliah Pengantar Geofisika yaitu yang paling berkesan! Sobat intipers akan diberikan pengertian perihal dasar-dasar ilmu geofisika di sana. Mulai dari alur berpikir seorang geofisikawan, objek-objek studinya, sampai pemanfaatan tata cara-tata cara geofisika dalam kehidupan. Sobat intipers juga akan menerima gambaran wacana kegiatan perkuliahan di geofisika selama empat tahun ke depan.


Selain itu, mata kuliah lain yang saya minati adalah Geologi Dasar. Mata kuliah ini menjadi gerbang permulaan bagi seorang mahasiswa geofisika dalam memahami fenomena-fenomena alam yang terjadi di bumi. Misalnya prinsip pergerakan lempeng yang menimbulkan gempa dan tsunami, kegunungapian, siklus batuan, dan masih banyak lagi. Mata kuliah lain yang menjadi minat saya yakni Geologi Struktur, suatu mata kuliah yang memperlihatkan pengertian kepada mahasiswa wacana prinsip-prinsip struktur geologi. Topik utama yang mau dipelajari ialah sesar/patahan, lipatan, dan kekar/rekahan. Berangkat dari kedua mata kuliah geologi tersebut, mahasiswa akan diberikan pengalaman lapangan lewat acara Kuliah Lapangan Geologi (KLG) di semester 4. Dalam acara KLG ini, mahasiswa akan belajar secara pribadi di lapangan dengan melihat kondisi fisik objek studinya secara nyata.


Apa aja sih bidang-bidang fokus di Geofisika Universitas Gadjah Mada?


Geofisika UGM menyediakan 9 bidang fokus, sob, atau disebut juga sebagai kalangan observasi. Nah, di antaranya ada;



  1. Instrumentasi Geofisika

  2. Fisika Gunungapi

  3. Eksplorasi Seismik

  4. Eksplorasi Non Seismik

  5. Seismologi

  6. Geo & Paleomagnetik

  7. Geofisika Lingkungan

  8. Geodinamika

  9. Pendidikan Geofisika


Menjadi mahasiswa Geofisika Universitas Gadjah Mada


Kondisi Tubuh yang Sehat


Geofisika itu tidak bisa lepas dari yang namanya lapangan, sob! Jadi, sebagai mahasiswa geofisika wajib banget untuk punya fisik yang prima. Banyaknya aktivitas lapangan menuntut seorang mahasiswa geofisika untuk mempunya daya tahan tubuh yang tinggi. Jangan sampai kecapekan membuat kinerja di lapangan menjadi menurun, ya!


Mental dan Tekad yang Kuat


Seorang calon geofisikawan dituntut untuk mempunyai mental dan tekad yang besar lengan berkuasa, sob! Kondisi perkuliahan geofisika yang begitu dinamis, jikalau tidak disertai dengan kekuatan mental dan tekad akan membuat kita menjadi tergusur oleh yang lainnya.


Manajemen Diri


Bukan hanya di geofisika saja, semua acara studi niscaya menuntut seseorang untuk mampu memanajemen diri dengan baik. Baik itu dari sisi waktu, emosi, keuangan, dan faktor lainnya. Pentingnya administrasi diri yakni supaya kita mampu terus keep up dengan keadaan perkuliahan.


Cari Pengalaman Sebanyak-banyaknya


Yang namanya cari pengalaman itu penting banget, sob! Entah itu dari organisasi, kepanitiaan, perlombaan, magang, dan aktivitas-acara yang lain. Selain pengalaman yang menunjang perkuliahan kita di geofisika, cari juga pengalaman yang dapat memperkaya hard skill dan soft skill kita, sob!


Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini


Belajar Dulu, Belajar Lagi, Belajar Terus


Menjadi mahasiswa geofisika tidak mampu dibiliang gampang, sob. Selain harus menjalani berbagai acara lapangan, kita juga dituntut untuk memiliki kesanggupan akal dan analisis yang baik. Oleh alasannya itu, penting sekali untuk senantiasa haus akan ilmu dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sobat intipers juga dilarang terlalu cepat berpuas diri saat sukses mencapai sesuatu dan jangan gampang menyerah atas kegagalan yang dialami.


Lulus Geofisika, Mau Kaprikornus Apa?


Prospek kerja seorang geofisikawan itu luas banget, sob! Yang pertama, di instansi pemerintahan seperti BMKG, BIG, BNPB, dan KESDM. Selain itu juga bisa ke ranah industri di bidang pertambangan dan perminyakan. Atau ingin menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat, bisa terjun ke dunia penelitian menjadi seorang peneliti dan dunia pendidikan sebagai dosen. Di dalam bidang infrastruktur juga mampu banget, sob! Jadi, jangan khawatir ya!


Kode Konten: X468



Sumber we.com


EmoticonEmoticon