Rabu, 26 Februari 2020

Efek Penambahan Serat Polypropylene Kepada Daya Lekat Dan Besar Lengan Berkuasa Lentur Pada Rehabilitas Struktur Beton

BelajarSipil.com – Pada berbagai perkara perbaikan struktur, yaitu dengan memperbesar lapisan beton baru (overlay) sering mengalami kesusahan dalam pengerjaannya. Hal ini dikarenakan sempitnya ruangan, sehingga penambahan beton gres dengan beton konvensional menjadi sulit untuk dipadatkan dan pada akhirnya tidak dapat menciptakan kualitas yang maksimal. Sebagai acuan : pekerjaan perbaikan lantai bangunan industri, kubah, pelapisan untuk fire protection, perbaikan aqueduct, composite metal decks, dan perbaikan struktur pasca gempa. Atas dasar banyak sekali pertimbangan di atas akan lebih menguntungkan jika dipakai beton  yang mampu mengalir, memadat dan merata dengan mempergunakan berat sendirinya self-compacting concrete (SCC).


uji besar lengan berkuasa elastis

Tidak cuma diharapkan beton yang mudah dikerjakan tetapi juga beton yang berpengaruh. Oleh alasannya adalah itu, untuk meningkatkan sifat mekanik dari beton SCC, maka perlu ditambahkan serat atau sering disebut dengan beton berserat. Beton bertulang berserat (fibre reinforced concrete) didefinisikan selaku bahan beton yang dibentuk dari bahan adonan semen, agregat halus, agregat agresif, air dan sejumlah serat (fibre) yang tersebar secara acak dalam matriks gabungan beton segar (Syafei Amri, 2005:231).


Dalam aplikasinya, beton berserat lebih banyak digunakan sebagai bagian penahan beban elastis dibandingkan penahan akhir beban lainnnya. Hasil percobaan menandakan kenaikan berpengaruh elastis lebih tinggi dari pada kuat tekan atau besar lengan berkuasa tarik belah. Serat yang digunakan pada observasi ini yaitu serat polypropylene, dengan penambahan jumlah serat banyak sekali varians, ialah 0 kg/m3 , 1 kg/m3, 2 kg/m3 dan 3 kg/m3 yang dijumlah berdasarkan volume beton.


Berdasarkan hasil pengujian ditemukan nilai gaya geser secara berturut-turut sebesar 1,985 MPa, 1,704 MPa, 2,519 Mpa, dan 2,489 MPa, sedangkan untuk besar lengan berkuasa elastis rata-ratanya secara berturut-turut sebesar 4,156 MPa , 4,988 MPa, 2,601 MPa, dan  2,543 MPa. Komposisi yang paling optimum tercapai dikala penambahan serat polypropylene sebesar 1 kg/m3 sebab dapat meningkatkan besar lengan berkuasa elastis sebesar 20,09 %.


Baca selangkapnya : Efek Penambahan Serat Polypropylene Terhadap Daya Lekat Dan Kuat Lentur Pada Rehabilitas Struktur Beton



Sumber we.com


EmoticonEmoticon