Selasa, 03 Maret 2020

Perhitungan Hidrograf Satuan Sintetis Dengan Cara Itb

BelajarSipil.com – Metode hidrograf satuan sintetis yakni metoda yang populer dipakai dan memainkan peranan penting dalam banyak penyusunan rencana di bidang sumber daya air terutama dalam analisis debit banjir DAS yang tidak terukur.



Metode ini sederhana, alasannya hanya memerlukan data-data karakteristik DAS seperti luas DAS dan panjang sungai dan dalam beberapa masalah dapat juga mencakup karakteristik lahan dipakai. Oleh alasannya itu, metode ini ialah alat berkhasiat untuk mensimulasikan pedoman dari DAS tidak terukur dan tempat fatwa sungai mengalami pergeseran penggunaan lahan.


Untuk berbagi hidrograf satuan sintetis, beberapa metoda sudah tersedia. Beberapa metoda hidrograf satuan sinteteis mirip cara Nakayasu, Snyder-Alexeyev, SCS, dan GAMA-1 sungguh terkenal dan umum dipakai di Indonesia untuk menjumlah debit puncak dan bentuk hidrografbanjir.


Makalah ini menyuguhkan sebuah pendekatan sederhana untuk menentukan hidrograf satuan tak-berdimensi yang konsisten menurut prinsip konservasi massa. Hidrograf satuan dapat dibuat dengan memakai satu fungsi tunggal sederhana (HSS ITB-1) atau menggunakan dua fungsi sederhana (HSS ITB-2) yang dikombinasikan dengan aspek debit puncak yang dapat disesuaikan secara otomatis berdasarkan rasio antara luas DAS dan luas hidrograf satuan yang dihitung secara numerik menggunakan prosedur tabulasi sederhana.


Untuk selengkapnya, silahkan download full papernya di link berikut!



Sumber we.com


EmoticonEmoticon