Rabu, 26 Februari 2020

Pemanfaatan Box Girder Pada Fly Over Sebagai Bank Penampungan Air Dalam Proses Harvest Rain Guna Memajukan Pendapatan Air Bersih Pada Tempat Perkotaan

BelajarSipil.com – Meningkatnya pertumbuhan penduduk dibarengi dengan meningkatnya sarana dan prasarana bangunan sipil membuat limpasan pada suatu daerah berkembangdan daya rembesan menurun. Hal ini menjadikan genangan yang berdampak pada fungsi bangunan sipil selaku fasilitas dan prasarana menjadi tidak maksimum. Salah satu penyumbang limpasan terbesar yaitu adanya fly overFly over yaitu jalan raya yang di bangun di atas tubuh jalan atau tanah untuk mempersingkat waktu perjalanan. Pada dasarnya, fly over ialah sebuah struktur bangunan yang tergolong struktur bangunan jembatan, dimana juga memiliki bagian-bagian yang serupa dengan jembatan. (Asniya Theodora, 2010)


Seiring berkembangnya teknologi, jalan layang telah tidak dibangun dengan tata cara cast in situ, namun memakai box girder yang dirangkai menjadi sebuah jalan. Lubang pada box girder inilah yang nantinya akan digunakan sebagai penemuan penampungan bak air untuk mengatasi persoalan limpasan pada jalan layang. Permasalahan lain di kota dengan jumlah penduduk tinggi yaitu persediaan air bersih yang kurang saat ekspresi dominan hujan. Hal ini disebabkan oleh lahan yang banyak digunakan untuk pembangunan, sehingga tempat resapan menyusut dan limpasan (run off) meningkat. Penurunan tempat resapan menimbulkan persediaan air permukaan di mukim menurun juga. Air yang bersumber dari kolam penampungan air pada box girder di jalan layang ialah solusi untuk penyediaan air bersih di daerah perkotaan.


Berikut adalah gambar dari pemikiran di atas.




Gambar potongan badan jalan pada box girder. Badan jalan ini yang akan digunakan sebagai bak penampunga.

Gambar pecahan tubuh jalan pada box girder. Badan jalan ini yang hendak dipakai selaku kolam penampunga.





Gambar Lubang-lubang drainase yang akan menyalurkan air hujan ke bak penampungan.

Gambar Lubang-lubang drainase yang mau menyalurkan air hujan ke bak penampungan.





Gambar Bak orange adalah bak pengolahan air hujan setelah ditampung sebelum disalurkan ke rumah warga.

Gambar Bak orange ialah bak pembuatan air hujan sesudah ditampung sebelum disalurkan ke tempat tinggal warga.



Apabila dilaksanakan penelitian lebih lanjut, perlu dikerjakan analisa kapasitas maksimum dari box girder dalam memuat air hujan, dan dampak air tersebut pada ketahanan struktur bangunan dan proses maintenance.



Sumber we.com


EmoticonEmoticon