Minggu, 01 Maret 2020

Studi Eksperimental Penggunaan Tulangan Pengekang Tidak Kriteria Yang Dimodifikasi Pada Kolom Persegi Beton Bertulang


ABSTRAK


Salah satu tolok ukur penting untuk konstruksi tahan gempa yang terkait dengan pengekangan ialah pemasangan tulangan pengekang dengan kait gempa 1350 pada sengkang. Dalam pelaksanaannya banyak pelaksana konstruksi memakai tulangan pengekang dengan kait 900 atau dengan konfigurasi dobel C (tidak cocok kriteria).


Berdasarkan beberapa hasil observasi dan beberapa catatan dari insiden gempa di Indonesia final-tamat ini, pemasangan tulangan pengekang yang tidak sesuai tolok ukur untuk kolom beton bertulang menghasilkan kinerja yang buruk selaku struktur tahan gempa.


Makalah ini memaparkan hasil eksperimen yang bermaksud menyebarkan elemen pelengkap (pen-binder) untuk meningkatkan efektivitas pengekangan kolom beton dengan tulangan pengekang yang tidak cocok patokan.



Efektivitas dari embel-embel unsur untuk memajukan kinerja pengekangan pada beberapa konfigurasi tulangan pengekang yang tidak persyaratan ini diuji dengan beban aksial dan lateral siklis. Benda uji berjumlah 5 buah kolom, dimensi penampang 260 mm x 260 mm dan tinggi 1500 mm.


Variabel pengujian ialah jenis material pen-binder,level beban aksial dan sudut kait yang dipakai dalam tulangan pengekang. Hasil pengujian menunjukkan bahwa adaptasi kepada tulanga pengekang tidak persyaratan efektif mengekang inti beton, meningkatkan daktilitas dan kemampuan disipasi energy kolom benda uji.


Untuk mendownload paper selengkapnya silahkan klik link berikut



Sumber we.com


EmoticonEmoticon