ABSTRAK
Oleh
Nur Ali
Pada waktu hujan, genangan air pada
permukaan aspal beton masih menjadi dilema utama yang menyumbang besarnya tingkat kemacetan, kegaduhan dan kecelakaan lalu lintas. Penanggulangan problem genangan air pada permukaan jalan mampu menggunakan aspal porous. Aspal porous merupakan adonan beraspal yang didominasi agregat bernafsu untuk mendapatkan pori yang besar supaya berfungsi sebagai drainase. Serat ijuk merupakan serat setempat alami yang murah, berpengaruh, tahan cuaca dan tahan kepada pelapukan. Aplikasi penambahan serat ijuk pada adonan aspal porous dengan liquid Asbuton sebagai pengikat diperlukan bisa menawarkan konstribusi kekuatan yang mampu meningkatan kinerja adonan sekaligus meminimalisir kelemahan aspal porous. Bahan pengikat yang dipakai observasi ini ialah 100% liquid Asbuton selaku substitusi aspal minyak dengan kadar 8.5% dari berat total adonan dan menggunakan tolok ukur gradasi Australia (kadar optimum) dengan 6 kombinasi penambahan kadar ijuk dari 0% hingga 5% dimana interval penambahannya 1% terhadap berat aspal. Kinerja dari gabungan aspal porus diselidiki lewat tes laboratorium terakhir oleh kekuatan Marshall dan karakteristik fungsi aspal porus. Hasilnya memperlihatkan kenaikan sifat gabungan dengan penambahan 1% serat ijuk menyanggupi tolok ukur spesifikasi aspal porus.
Baca file lengkap: download link
Sumber we.com
EmoticonEmoticon