Senin, 24 Februari 2020

Perkuatan Pelat Jembatan Dek Baja Dengan Overlay Beton Bertulang

ABSTRAK


Penelitian perihal sistem perkuatan pelat jembatan komposit dek baja bergelombang (CSD) sudah dikerjakan dengan mempertebal pelat menggunakan overlay beton bertulang. Pengujian Laboratorium dalam skala 1:2 dijalankan dengan menciptakan dan menguji 12 komponen pelat komposit tebal 95 mm, lebar 500 mm dan panjang 2 kali 700 mm berbentukpelat menerus satu arah.



Tiga pelat kontrol dan 9 pelat dengan perkuatan diuji hingga runtuh, delapan pelat diberikan pembebanan awal sampai terjadi retak awal pada kawasan acuan tengah untuk menirukan pelat yang telah retak. Analisis dengan model unsur hingga (MEH) memakai acara LUSAS v 13.57 juga dilaksanakan selaku perbandingan.


Perilaku lentur pelat balasan dua beban garis diamati dalam bentuk grafik beban-lendutan pada umur beton overlay 3, 7 dan 28 hari, dengan materi accelerator pada beton overlay. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kekuatan dan kekakuan elastis pelat dengan overlay beton meningkat secara meyakinkan dengan nilai masing-masing 45% dan 100% pada umur overlay 3 hari. Pada umur overlay 3 dan 7 hari kekuatan pelat komposit hampir meraih kekuatan pelat pada umur 28 hari.


Model Elemen Hingga memberikan kekuatan dan kekakuan pelat yang lebih besar dari hasil pengujian laboratorium, namun perilaku kedua pelat seperti, dimana, pada pembebanan yang lebih tinggi kekakuan pelat menurun.


Untuk mengunduh full papernya di link download



Sumber we.com


EmoticonEmoticon